28 Siswa Jadi Pemenang Kompetisi Matematika Nasional Eduversal

Eduversal mengumumkan pemenang kompetisi Eduversal Mathematics Competition (EMC) nasional atau "Kompetisi Matematika Online Se Indonesia". Dari ribuan peserta yang turut, total 28 siswa ditetapkan sebagai juara, mereka adalah siswa kelas 5 SD sampai kelas 11 SMA dari berbagai sekolah. Direktur Edukasi Universal (Eduversal) Indonesia Dwi Prajitno, mengatakan, setelah melewati berbagai tahapan mulai penyisihan hingga babak final, kompetisi matematika online tingkat nasional ini menetapkan 28 siswa/siswi sebagai juara.

Dilanjutkannya, Eduversal mengadakan kompetisi ini untuk menumbuhkan kecintaan anak didik kepada matematika dan STEM (science, technology, engineering, dan mathematics). Ajang ini menjadi wadah kompetisi matematika bergensi tingkat nasional untuk siswa Indonesia mulai tingkat SD sampai SMA. "Untuk mendorong mereka bahwa pelajaran matematika tidak untuk ditakuti. Di sisi lain supaya siswa dapat mengembangkan kemampuan matematika dengan kualitas soal yang baik," lanjutnya. Kompetisi yang memperebutkan total hadiah senilai Rp126 juta ini dibuka sejak sejak 1 Juli dan ditutup pada 5 Oktober 2019 lalu. Sedangkan kegiatan kompetisi matematika daring ini sudah dilaksanakan pada Sabtu, 19 Oktober 2019, sementara pemenangnya diumumkan 23 November lalu.

Sekitar 3500 siswa/i SD, SMP, dan SMA yang terdaftar dari berbagai wilayah di Indonesia telah mengikuti babak penyisihan pada lomba yang khusus bidang matematika ini secara daring pada Sabtu, 19 Oktober 2019. "Hasilnya 1905 peserta lolos menjadi finalis dan mengikuti lomba secara serentak di berbagai pilihan test center yang tersebar." ujarnya. Pada setiap kelas ditentukan 4 peserta dengan nilai tertinggi yang diperoleh pada babak final yang diadakan secara luring di 17 test center yang dapat dipilih. Ada 17 test center yang mengadakan Final EMC 2019 yaitu Aceh dua titik, Sumatera Utara satu titik, Riau dua titik, Jawa Barat tiga titik, Banten tiga titik, Jawa Tengah dua titik, Yogyakarta satu titik, Kalimantan Selatan satu titik, Jawa Timur satu titik, dan Sulawesi Selatan satu titik.

"Ini adalah kompetisi matematika daring dengan peserta terbanyak se Indonesia ini. Rencananya kompetisi ini akan kami gelar setiap tahun untuk mendorong siswa di Indonesia mencintai pelajaran Matematika," terangnya. Pengumuman nama masing masing pemenang Eduversal Mathematics Competition (EMC) 2019 dapat dilihat melalui laman kompetisi.net dan di media sosial EMC.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*