3 Tips Mengontrol Hasrat Belanja Setelah Gajian

Apakah kamu seorang yang berprofesi sebagai karyawan di sebuah perusahaan? Hari senin ini (25/3/2019) biasanya menjadi hari yang membahagiakan karena gajian yang biasanya turun pada tanggal tersebut. Bagi orang yang baru gajian, tentu sudah hal yang wajar jika menyukai kegiatan berbelanja.

Apalagi jika melihat barang barang yang lucu dan menarik di mall. Tentu sangat menggoda kan? Tapi terkadang, kita membeli barang barang yang sebetulnya tidak diperlukan.

Tanpa disadari, pengeluaran pun akan membengkak karena kebiasaan belanja sembarangan tersebut. Nah gimana sih cara menghentikan kebiasaan itu? Mengatur keuangan bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Berikut telah dirangkum bagaimana cara menahan hasrat belanja yang begitu besar. Sebelum berbelanja, pastikan untuk mencatat kebutuhan yang akan dibeli. Pastikan bahwa barang barang yang akan kamu beli memang benar benar dibutuhkan.

Daftar belanjaan bisa ditulis dalam sebuah kertas atau note di handphone. Dan setelah belanja jangan lupa memberi tanda pada catatan. Kata sale atau diskon memang selalu menarik perhatian.

Apalagi sata menjelang lebaran seperti ini. Seluruh pusat perbelanjaan akan memberikan sale ataupun diskon besar besaran. Sebelum berbelanja, sebaiknya cari informasi harga barang sebelum dan setelah diskon terlebih dahulu.

Jangan tergoda dengan nominal diskon yang digembor gemborkan oleh toko. Karena bisa jadi barang yang didiskon harganya telah dinaikkan terlebih dahulu. Ini berarti barang yang dibeli nanti sebenarnya tidak terlalu jauh dari harga normalnya.

Biasanya kalau membawa uang berlebih saat belanja, maka akan banyak barang yang akan terbeli. Meskipun barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan. Untuk itu disarankan saat berbelanja bawa uang sekucupnya.

Hal itu juga bisa untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan, seperti pencopet. Nah, dengan melakukan tips tips tersebut, kamu tak perlu khawatir pengeluaran membengkak karena belanja sembarangan.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*