5 Destinasi Menarik di Solo untuk Libur Lebaran Bersama Keluarga

Surakarta atau Solo memiliki beragam destinasi yang menarik untuk menghabiskan waktu libur lebaran bersama keluarga dan teman teman. Berlebaran di Solo, kamu bisa menikmati waktu bersama keluarga atau teman teman dengan mengunjungi berbagai destinasi menariknya. Di mana saja destinasi yang cocok untuklibur lebaran bersama keluarga dan teman teman?

De Tjolomadoe berlokasi di Jalan Adi Sucipto, atau berjarak sekitar 10 menit dari Bandara Adi Soemarmo. Bagunan ini awal mulanya adalah sebuah Pabrik Gula Colomadu yang telah direvitalisasi menjadi tempat wisata komersial. Memasuki bangunan De Tjolomadoe, wisatawan akan melihat langsung bagaimana kondisi pabrik gula dengan mesin mesin buatan Jerman yang masih bertahan.

Di dalam lokasi ada juga beberapa kafe yang bisa kamu kunjungi jika sudah lapar dan lelah berkeliling lokasi. Pilihan destinasi wisata akhir pekan di Solo selanjutnya adalah Keraton Surakarta. Di sana kamu bisa melihat lihat koleksi bersejarah keraton sekaligus belajar sejarah Kota Solo.

Keraton Surakarta memiliki beberapa tour guide yang siap menceritakan dengan gamblang mengenai sejarah yang ada. Para pemandu bersedia membantu pengunjung untuk mengambil foto ketika berkeliling keraton. Kamu hanya tinggal membayar sejumlah uang jika menggunakan jasa pemandu ini.

Bagi pecinta fotografi, tempat ini tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Solo. Banyak spot foto menarik, salah satunya berfoto dengan latar belakang keraton dari depan. Taman Balekambang terletak di Jalan Balekambang Nomor 1, Manahan, Banjarsari, Surakarta.

Destinasi ini cocok bagi kamu yang ingin berwisata menikmati hijaunya alam, tanpa perlu menempuh perjalanan jauh dari pusat kota. Taman Balekambang sering dijadikan sebagai lokasi acara acara tertentu, seperti festival payung, konser musik, bahkan pertunjukan wayang orang. Di sana kamu juga bisa bertemu rusa yang kadang berkeliaran secara bebas.

Berkunjung ke Solo tentu tidak lengkap kalau tidak membeli batik khasnya. Selama di Solo kamu juga sekaligus bisa melihat secara langsung proses membatik, datanglah langsung ke Kampung Batik Kauman. Di sana wisatawan bisa mendapat aneka batik dengan motif dan corak yang beragam.

Banyak wisatawan yang sengaja mampir kemari untuk memborong batik, baik sekadar untuk oleh oleh khas Solo maupun dijual kembali. Selain Keraton Kasunanan, Solo juga mempunyai Pura Mangkunegaran. Istana yang dibangun dengan indah dan megah ini adalah tempat tinggal resmi pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegaran.

Berlokasi di Jalan Ronngowarsito, tempat wisata bersejarah ini telah berhasil menjadi pusat budaya dan seni Kota Solo. Saat mudik ke Solo kamu bisa mengajak serta keluarga untuk mengunjungi kebun binatang Taman Satwa Taru Jurug. Lokasinya berada di Jalan Ir. Sutami, Kentingan, Jebres, Solo, atau tepatnya berada di sebelah kampus Universitas Sebelas Maret.

Ada berbagai jenis flora dan fauna yang bisa kamu saksikan di sana bersama keluarga. Tarif tiket masuk ke Taman Satwa Taru Jurug pun bisa dibilang terjangkau. Selain kebun binatang, saat mudik di Solo kamu juga bisa menikmati wahana wisata air di Pandawa Water World.

Tempat wisata ini menawarkan sensasi seru bermain air, cocok dikunjungi bersama keluarga dan teman temanmu. Selain memiliki kolam renang yang luas, di sana juga disediakan seluncuran, berbagai jenis permainan anak, ombak buatan, dan patung patung besar khas Pandawa lima.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*