Adit Eks Persib hingga Jim Abbott 7 Amputee Athlete yang Taklukkan Cabang Olahraga Dunia

Nama Aditya kini menjadi perbincangan publik seusai membagikan kisahnya lewat laman Twitternya, , Sabtu (30/11/2019). Tak hanya Aditya Eks Persib Bandung U 17 yang menjadi Amputee Athlete atau atlet yang diamputasi bagian tubuhnya. Ada pula banyakAmputee Athlete yang sangat berprestasi.

Mari simak kisah atlet dunia yang juga mengalami amputasi dan berhasil menaklukkan cabang olahraga kelas dunia. 1. Bethay Hamilton (1990 ) 2. Tom Whittaker (1948 )

3. Jim Abbott (1967 ) 4. Terry Fox (1958 1981) 5. Alex Zanardi (1966 )

6. Aimee Mullins (1975 ) Inilah tujuh Amputee Athlete yang berasal dari cabang olahraga berbeda : Bethany Hamilton adalah peselancar hall of fame profesional dari Hawaii.

Dilansir melalui website amputee coalition.org, Bethany Hamilton saat usia 13 tahun sudah memenangkan dua kompetisi selancar utama. Hiu macan menggigit lengan kirinya tepat di bawah bahu. Peristiwa tersebut terjadi saat ia dan temannya berselancar Oktober 2003.

Ia kembali ke laut seusai satu bulan dinyatakan pulih. Tom Whittaker merupakan orang pertama yang berhasil mendaki Gunung Everest sesuai kehilangan anggota tubuhnya. Tom mengalami kecelakaan mobil di 1979, sejak saat itu ia menggunakan prostetik yang dirancang khusus untuk memanjat.

Upaya pertamanya untuk menaklukkan puncak Everest dimulai sejak 1995. Ia sukses mencapai puncak Everest pada 1998. Kini, Tom mendorong orang untuk menemukan keberanian dalam diri mereka.

Jim Abbott merupakan mantan pelembar MLM yang lahir tanpa tangan kanan. Ia bermain bisbol sejak SMA dan masuk Olimpiade 1988. Autobiografinya yang berjudul Imperfect: An Improbable Life diterbitkan pada 2012, dan saat ini ia bekerja sebagai pembicara motivasi.

Seusai kaki kanannya diamputasi karena osteosarkoma pada 1977, Terry Fox berusaha berlari melintasi Kanada untuk mengumpulkan uang dan kesadaran untuk penelitian kanker. Fox yang kehilangan kakinya pernah memenangkan tiga gelar nasional bermain dengan North American Wheelchair Basketball Association. Warisan harapan Fox tetap hidup melalui Terry Fox Run yang diadakan setiap tahun sejak kematiannya.

Alex Zanardi adalah pembalap mobil profesional Italia dan pengendara sepeda tangan pemenang medali emas. Dia kehilangan kedua kakinya karena kecelakaan balap Formula Satu pada tahun 2001. Alex mulai bersaing dalam olahraga adaptif bersepeda tangan pada 2007.

Ia berhasil memenangkan dua medali emas dan perak di pertandingan Paralimpiade London 2012, dan dua medali emas dan perak lainnya di pertandingan Rio de Janeiro 2016. Aimee Mullins adalah seorang wanita renaisans sejati, membuat jejaknya dalam olahraga, fashion, televisi / film dan politik. Ia dikenal sebagai wanita muda yang bergairah tentang olahraga dan akting.

Aimee dilahirkan dengan hemimelia fibular, dan kedua kakinya diamputasi dibawah lutut pada usia satu tahun. Ia pensiun dari trek dan lapangan profesional pada tahun 1998. Kemudian, melanjutkan magang di The Pentagon dan kemudian memulai karir modeling pada tahun 1999.

Memulai berakting pada tahun 2002, dan muncul sebagai karakter berulang di Stranger Things di Netflix. Pada saat berusia 17 tahun, Adit lolos Diklat Persib Bandung. Hingga pada saat sebuah pertandingan sepak bola di kampus, ia mendapat cedera parah.

Kaki kanannya mengalami patah tulang hingga kaki kanannya harus diamputasi. Adit kini tergabung bersama tim Indonesia Amputee Football, dan akan berpartisipasi dalam kejuaraan Asia Amputee Football pada Februari 2020 di Malaysia. "Alhamdulillah dari hasil latian keras biar bisa bergerak untuk main bola meski cuma dengan satu kaki, sekarang saya dipilih untuk bergabung di Indonesia Amputee Football (INAF). saya seneng dan bangga pisan pokoknya di kasih kesempatan main bola lagi," ujarnya melalui laman Twitternya.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*