Antisipasi Kemacetan, Pemerintah Terapkan Diskon bagi Pengguna Tol saat Mudik Lebaran

Diskon tarif tol akan kembali diberikan saat mudik Lebaran nanti. Pemberian diskon ini merupakan salah satu usaha untuk mencegah padatnya tol ketika puncak arus mudik. "Mekanisme diskon ini juga kita pakai sebagai instrumen untuk mengatur flow nya, sehingga tidak semua orang (mudik) pada tanggal tertentu. Kalau kira kira tanggal 30 atau 31 yang peak, kita beri diskon hari sesudahnya," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Selasa (21/5). Meski begitu, Basuki mengatakan belum ada penetapan berapa besar diskon tarif yang akan diberikan dan kapan tepatnya diskon tarif dapat dinikmati. Menurutnya, keputusan tersebut akan ditetapkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) hari ini.

Keputusan ini sudah berdasarkan diskusi dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Yang pasti, dia menyebut diskon tarif ini berlaku di semua ruas tol. Menurut Kepala BPJT Danang Parikesit, keputusan pemberian diskon tarif ini akan dilakukan secepatnya. Menurutnya, keputusan tersebut akan diumumkan minggu ini. Senada dengan Basuki, ia bilang penerapan diskon tarif ini tinggal melihat waktu.

"Tinggal mengatur waktunya saja pak apakah di peak time atau dua peak time, sekaligus mendorong atau mengubah perjalanan di waktu puncak ke non puncak dengan diskon tarif," terang Danang. Lebih lanjut Basuki mengatakan, pengumuman diskon tarif ini akan dilakukan oleh BUJT. "Kalau pemerintah yang umumkan, nanti dikira mengintervensi," terangnya. Berita Ini Sudah Tayang di KONTAN, dengan judul:

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*