Bangunan Bersejarah Sistus Warisan Dunia Unesco di Jepang Kebakaran Kastil Shuri

Kebakaran hebat melanda bangunan bersejarah berupa kastil berusia 500 tahun di Jepang. Kastil yang masuk dalam salah satu Warisan Dunia Unesco tersebut terbakar sejak Kamis (31/10/2019) dinihari. Kastil Shuri merupakan bagian penting dari kompleks yang berdiri era Kerajaan Ryukyu, dan diyakini didirikan pada 1400 an silam.

Pemadam kebakaran berusaha memadamkan api sejak Kamis dini hari (31/10/2019), dengan belum ada kabar yang terluka sejauh ini. Dilansir AFP, sebagian besar struktur dari kastil berusia 500 tahun itu merupakan hasil rekonstruksi berdasarkan desain asli dan foto lama. "Seluruh (tiga) bangunan utama sudah terbakar, tak ada yang tersisa," ujar Daisuke Furugen, pejabat Departemen Pemadam<span ></span>Kebakaran<span ></span>Naha.

Furugen menjelaskan, mereka mengerahkan 30 mesin pemadam dan 100 anggota untuk menjinakkan si jago merah. "Belum ada data korban luka sejauh ini," jelasnya. Api diberitakan melalap kastil di pulau kawasan selatan Jepang, Okinawa, pada pukul 03.00 waktu setempat, dengan penyebabnya belum diketahui.

Diberitakan BBC, istana itu menjadi harta nasional Negeri "Sakura" pada 1933. Tetapi sempat hampir hancur setelah Perang Dunia II sebelum direkonstruksi. Kastil Shuri berada di atas bukit yang menghadap Naha, ibu kota Okinawa, dan dikelilingi oleh dinding dinding batu melengkung.

Bangunan itu sempat menjadi kampus bagi universitas di Okinawa hingga 1970 an. Sejak saat itu, kastil tersebut menjadi atraksi turis. Kepada awak media, Wali Kota Mikiko Shiroma begitu terkejut dan sedih.

"Sebab, kami telah kehilangan simbol kami," papar dia. Shiroma mengatakan, dia sempat khawatir dengan beredarnya laporan bahwa kebakaran tersebut bisa "mengancam" warga di area sekitar. "Naha akan melakukan yang terbaik untuk menangani kebakaran maupun kebijakan sesudahnya," tegasnya saat memimpin pertemuan darurat.

Seorang warga lokal kepada media nasional NHK menuturkan, dia sampai tidak bisa berkata kata dengan terbakarnya situs Warisan Dunia itu. Berkat kerja keras dari pakar rekonstruksi, situs beserta dengan reruntuhan yang ada di kompleks dimasukan sebagai Warisan Dunia pada 2000. "500 tahun sejarah Ryukyuan (abad 12 17) terwakili dengan sekelompok bangunan ini," demikian keterangan Unesco di situs resminya.

Unesco menjelaskan, reruntuhan Istana Shuri merupakan bukti struktur sosial di periode itu, dengan situs keramat memberikan kesaksian bisu bagi kelangsungan bentuk kuno agama ke abad modern. Aula utama kastil yang telah direkonstruksi merupakan bagian terpenting, karena menunjukkan "kebanggaan dari rakyat Ryukyu". Sebelum terbakar,<span ></span>KastilShuri<span ></span>dipersiapkan sebagai lokasi estafet obor demi menyongsong Olimpiade 2020 yang berlangsung di Tokyo.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*