BCA Harap Blockchain Ciptakan Solusi Inovatif Selenggarakan Kompetisi Finhacks 2019

Kompetisi blockchain bernama BCA Finhacks 2019 #blockchainnovation digelar oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja berharap kompetisi tersebut dapat menciptakan solusi inovatif di bidang finansial dan perbankan. "Melalui tema tahun ini tentang teknologi blockchain, kami ingin melihat bagaimana blockchain dapat memberikan added value dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan solusi perbankan dan finansial kepada masyarakat luas. Khususnya dalam hal peningkatan efisiensi, penghematan biaya dan pengurangan risiko," ujar Jahja, dalam acara BCA Finhacks 2019, di Jakarta Pusat, Sabtu (23/11/2019).

Menurutnya teknologi blockchain tersebut tak akan lama lagi bisa diterapkan di Indonesia. Meski begitu, pihaknya akan menunggu arahan dari regulator. Namun acara Finhacks 2019 kali ini diselenggarakan BCA dengan harapan dapat menjaring ide terkait pengembangan teknologi informasi, terutama yang terkait dengan blockchain.

Berdasarkan informasi yang diterima, dari 700 an peserta yang mendaftar sejak Agustus 2019 telah diseleksi menjadi 15 finalis yang akan bersaing memperebutkan hadiah utama dengan total hadiah senilai Rp520 juta bagi para pemenang. 15 finalis tersebut terbagi dari tiga kategori berbeda, yaknikategori Interbank Settlements And Payments, kategori Identity Management, dan kategori Financial Inclusion. Mereka kemudian hadir dalam puncak acara yakniDemo Day pada hari ini.

Jahja mengatakan tema blockchain dalam kompetisi tersebut dihadirkan agar industri finansial dan perbankan Tanah Air dapat memanfaatkan kelebihan teknologi ini. Terutama untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan solusi perbankan dan finansial kepada masyarakat secara lebih baik. "Seiring perkembangan teknologi yang begitu cepat, kami menyadari bahwa kebutuhan nasabah juga semakin dinamis dan kompleks. Oleh sebab itu, BCA terus menggali potensi inovasi dalam rangka menciptakan produk dan layanan yang fungsional bagi nasabah. Dan melalui gelaran Finhacks ini tentunya banyak insight insight baru yang bermanfaat," tandasnya.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*