Bikin Capek Secara Emosional Perankan Tokoh Aurora dalam Film NKCTHI Sheila Dara

Penyanyi sekaligus aktris, Sheila Dara Aisha, menceritakan pengalamannya saat proses pembuatan film 'Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini' atau yang dikenal dengan judul NKCTHI. Dalam film yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko itu, Sheila memerankan sosok anak kedua dalam sebuah keluarga, yang bernama Aurora. Diceritakan bahwa Aurora memiliki dua saudara kandung yaitu Angkasa, kakak laki lakinya yang diperankan Rio Dewanto, serta Awan, adik perempuannya yang diperankanRachel Amanda.

Bahkan Sheila merasakan keletihan setelah memerankan tokoh tersebut. "Aurora itu lumayan bikin capek secara emosional," kata Sheila, Selasa (24/12/2019). Aktris kelahiran Bandung itu mengatakan, sempat mengalami masa masa malas berkomunikasi saat berada di rumah, karena terbawa emosi dari tokoh Aurora.

"Ada masa masanya, mungkin karena aurora lumayan bikin capek secara emosionaldan banyak emosi yang dia rasakan tapi ditahan, gitu jadi mungkin ketika aku sampai rumah itu rasanya udah capek banget jadi males berkomunikasi sama orang gitu," kata Sheila. "Jadi sampai rumah udah nggak ngobrol, begitu sampai rumah langsung ke atas, pas mau pergi pun cuma pamit bentar ke orang tua terus pergi lagi," lanjutnya. Kendati demikian, Sheila membantah karakter Aurora terbawa dalam kehidupannya sehari hari.

"Kalau untuk (karakter) kebawa atau nggaknya, sampai sekarang nggak ya," kata Sheila. "Mungkin bukan karakternya yang terbawa, cuma keletihannya itu terbawa," lanjutnya. Sementara itu, Sheila mengaku tidak menyangka banyak yang mengaku memiliki pengalaman yang sama dengan tokoh Aurora.

"Sebenernya waktu jadi aurora, baca script nya, aku nggak menyangka bahwa ceritanya Aurora ini sebegitu banyak yang mengalami di luar sana," terangnya. "Jadiawalnya nggak ada perasaan gimana nih biar saya mewakili perasaan semua anak di luar sana," sambungnya. Lebih lanjut, Sheila mengatakan, dirinya baru mengetahui hal itu setelah teaser film NKCTHI dirilis.

"Justru baru tahu ketika teaser dirilis, ternyata banyak yang mengalami hal yang sama dan kondisi itu memang nyata adanya," sambung Sheila. Sheila jugamengungkap pengalaman berbeda yang dialaminya saat memerankan tokoh Aurora. Ia menceritakan, saat syuting film NKCTHI, Angga memintanya untuk belajar mengelas di hariH syuting.

"Yang berbeda di film ini adalah di sini aku belajar ngelas, itu adalah sesuatu yang berbeda, dan belajarnya hariH, memang tuh mantap sekali," ungkap Sheila. Sheila pun menceritakan tentang sosok Aurora yang ia perankan. Menurutnya, Aurora merupakan anak tengah yang akhirnya menciptakan dunianya sendiri karena merasa kurang mendapat perhatian dalam keluarga.

Tokoh yang diperankannya tersebut juga memiliki sifat yang ambisius dan cenderung egois. "Aurora ini anak tengah di keluarga Narendra, anaknya ambisius dan selalu mementingkan dirinya sendiri,"terang Sheila. "Karena kalau di keluarga dengan tiga anak biasanya perhatian ke anak bungsu, tanggung jawab ke anak sulung, jadi anak tengah bingung mau ngapain, akhirnya mencoba mengambil posisinya sendiri, dan lama lama melipir membuat dunianya sendiri," sambungnya.

Sheila mengaku, kepribadian Aurora sangat berbeda dengan dirinya dalam kehidupan sehari hari. Meskipun sama sama menjadi anak tengah dalam keluarga, Sheila mengatakan tak merasakan pengalaman batin yang sama dengan yang dialami tokoh Aurora. Sheilajustru merasa tokoh Awan lebih mirip dengan kehidupannya.

"Saya anak tengah tapi sebenarnya saya lebih relate ke Awan karena saya cewek sendiri, jadi orang tua protective banget," ujarnya. Untuk dapat memerankan tokoh Aurora dengan baik, Sheila mendalami karakter tersebut dengan memahami cerita yang dialami Aurora. "Jadi ketika proses pendalaman karakternya, aku memahami apa yang terjadi sama dia (Aurora)," kata Sheila.

Selain itu, Sheila juga mendalami karakter tersebut melalui sosok Monica Hapsari. Menurutnya, kesamaan profesi Aurora dan Monica Hapsari sebagai seniman, membuat Sheila menemukan sosok Aurora dalam diri Monica Hapsari. Sheila mengatakan, dirinya menyadari hal itu saat mencoba mencari tahu mengenai proses pembuatan karya Monica Hapsari yang dipinjamkan pada film NKCTHI.

"Kebetulan kan Aurora ini seniman dan memang ada seniman di real life yang karyanya dipinjamkan untuk film NKCTHI ini, namanya Kak Monica Hapsari," terang Sheila. "Terus karena aku merasa ini akan menjadi karyanya Aurora, aku putuskan untuk ngobrol sama Kak Monic, aku cari tahu proses pembuatan karya ini seperti apa, cerita apa sih di balik karya ini, begitu ngobrol aku sedikit banyak melihat sosok Aurora di Kak Monica Hapsari ini," sambungnya menjelaskan. Karena itu, Sheila menuturkan, dirinya banyak berdiskusi dengan Monica Hapsari untuk mendalami karakter yang ia perankan.

"Akhirnya untuk pendalaman karakter aku banyak sharing ke Kak Monica Hapsari, ngobrol, dan pastinya banyak diskusi sama Mas Angga selaku sutradara dan scriptwriter karena aku merasa dia salah satu orang yang paling mengerti Aurora," tuturnya. Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) akan tayang serentak di bioskop Indonesia mulai tanggal 2 Januari 2020. Film NKCTHI inimerupakan karya terbaru dari sutradara Angga Dwimas Sasongko.

Dalam sebuah rilis resminya, Angga menyebut film NKCTHI ini merupakan film terbaiknya selama 15 tahun berkarya. Film yang diangkat dari buku best seller karya Marchella FP ini menjadi film ke 13 yang diproduksi oleh Visinema Pictures. Kali ini, Angga kembali berduet dengan produser Anggia Kharisma, sang istri yang sudah beberapa kali menjadi produser dalam karya Visinema Pictures sebelumnya, termasuk Filosofi Kopi dan Keluarga Cemara yang baru mendapat Piala Citra untuk Penulis Skenario Adaptasi Terbaik dan Pencipta Lagu Tema Terbaik di Festival Film Indonesia 2019.

Skenario NKCTHI digarap oleh Angga bersama Jenny Jusuf juga Melarissa Syarief. Angga juga menjadi produser eksekutif bersama Ajeng Parameswari, Winston Utomo, William Utomo, Kusumo Martanto dan Michael Y. Chow. Film NKCTHIdibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris berikut ini:

1. Rachel Amanda 2. Rio Dewanto 3. Sheila Dara

4. Donny Damara 5. Susan Bachtiar 6. Chicco Jerikho

7. Oka Antara 8. Niken Anjani 9. Agla Artalidia

10. Umay Shahab 11. Muhammad Adhiyat 12. Sinyo

13. Nayla Denny Purnama 14. Alleyra Fakhira Kurniawan 15. Syaqila Afiffah Putri

16. Ardhito Pramono.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*