Bisa dengan Cemilan Manis Secukupnya Jaga Mood & Imunitas Tubuh Selama Pandemi Corona

Pandemi corona yang semakin meluas di Tanah Air memaksa kita mengurangi aktivitas di luar rumah dan membatasi interaksi sosial. Namun, kita dituntut tetap produktif saat tempat kerja kita memberikan kesempatan menyelesaikan agenda pekerjaan kantor dengn bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Selama periode WFH yang sudah memasuki beberapa pekan ini, menjaga mood tetap baik serta menjaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi amat penting agar badan tetap sehat selama kita menjalani stay at home.

Psikolog Elizabeth T Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC, berpendapat, ada banyak cara menjaga mood tetap positif. Diantaranya dengan menjaga agar selalu bahagia. Dia mengatakan, kondisi jiwa yang bahagia dapat meningkatkan imunitas tubuh. Saat hormon endorphine manusia sedang tinggi, analgesic (pereda sakit) alami diproduksi tubuh dan memberikan efek bugar, imunitas tinggi, tidak mudah jatuh sakit. Endorphine sangat penting untuk diproduksi, khususnya di saat kita diliputi rasa takut akan virus Covid 19.

“Menjaga kondisi fisik dengan asupan seperti makanan sehat, vitamin dan buah buahan diperlukan, tapi perlu dilengkapi dengan asupan pikiran yang positif dan kreatif, terutama perasaan happy di setiap suasana,” jelas Elizabeth. Salah satu stimulus perasaan bahagia adalah asupan gula. Data dari US Dietary Guidelines mengenai efek asupan gula pada manusia, salah satunya adalah menurunkan hormon stres (kortisol).

Untuk orang yang sedang merasa sedih, terisolasi, depresi, di saat kondisi pandemik seperti saat ini, asupan yang manis secukupnya membantu memberikan energi dan perasaan happy. Misalnya dengan mengonsumsi snack. American Heart Association (AHA) menyebutkan, wanita membutuhkan kandungan gula perhari sebanyak 100 dan pria sebanyak 150 kalori. Menurut Juliwati Husman,Marketing & Sales Director PT Yupi Indo Jelly Gum, efek happy bisa didapatkan dengan mengonsumsi jajanan permen.

Salah satunya Yupi Gummy. Dia mengatakan, teksturnya yang kenyal dan manis yang bisa memberikan efek happy karena bentuknya yang lucu lucu membuat kita seru berimajinasi. “Dengan melihat aneka bentuk Yupi, kadang kita langsung tersenyum dan tergoda untuk mengunyahnya. Jadi perasaan happy itu sudah ada sebelum kita merasakan permennya," ujarnya. Begitu pula dengan rasa manis segar dari kandungan fruit juice serta teksturnya yang kenyal dan empuk. Ibaratnya, semua perasaan dan sensasi happy bersatu di dalam mulut,” lanjutnya.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*