Cara Ampuh Matikan Iklan di HP Xiaomi yang Membuatmu Cukup Terganggu

Sebagian besar pengguna smartphone atau HP Xiaomi tentu merasa cukup terganggu oleh iklan yang muncul secara tiba tiba. Jangan khawatir! Kini kamu bisa mematikan iklan yang mengganggu itu dengan cara cara berikut ini! HP Xiaomi punya penggemar yang sangat banyak, sehingga sangat populer di masyarakat Indonesia.

HP Xiaomi apa saja selalu diburu pecinta gadget, apalagi harga yang ditawarkan seringkali berada di bawah rata rata hape sekelasnya. Bahkan HP Xiaomi yang beredar secara tidak resmi atau Black Market (BM) juga laris manis, meskipun garansinya sangat terbatas. Namun ada satu gangguan yang sering dialami pengguna Xiaomi, yaitu adanya iklan iklan yang muncul selama penggunaan.

Ketika sedang menjajal aplikasi bawaan di ponsel Xiaomi, pengguna biasanya menemukan beberapa iklan ads (iklan). Bahkan, notifikasi dan halaman pengaturan ponsel pun kerap diselipkan iklan. Hal ini dikarenakan Xiaomi menanamkan sistem untuk menampilkan iklan di sebagian antarmuka MIUI dan aplikasi bawaannya. Sistem tersebut bertajuk "MIUI System Ads" (MSA). MSA tidak bisa dihapus (uninstall) oleh pengguna Namun, ada cara untuk menonaktifkannya agar ponsel Xiaomi bebas iklan. Bagaimana caranya? Pergi ke menu pengaturan ponsel atau yang biasa disebut "Settings". Pilih menu "Additional settings", lalu pilih "Authorization & revocation". Kemudian, matikan fitur bertajuk "msa" dengan mengklik toggle di sebelah kanan. Tunggu beberapa saat hingga tombol "Revoke" bisa ditekan pada jendela yang muncul.

Dengan menonaktifkan induk sistem ini, maka sistem iklan pada ponsel Xiaomi pun tidak akan berjalan. Namun, iklan masih bisa muncul karena terus dilacak oleh fitur rekomendasi iklan yang masih aktif. Karena hal tersebut, pengguna harus mematikan fitur "Personalized Ad" pada ponsel Xiaomi. Caranya sendiri ada di langkah selanjutnya. Pergi ke menu "Settings" > "Additional settings" > "Privacy" > "Ad services". Di halaman "Ad services", matikan opsi "Personalized ad recommendations". Sekarang, kedua fitur iklan sudah dimatikan. Meski begitu, pengguna ternyata masih bisa menemukan iklan pada aplikasi bawaan MIUI, seperti Mi Apps, Mi Browser, Mi Music, Mi Video, dan sebagainya. Oleh karena itu, pengguna juga disarankan untuk mematikan fitur rekomendasi di serangkaian aplikasi besutan Xiaomi. Bagaimana caranya? Simak langkah berikut. Buka aplikasi Mi Browser, lalu ke menu pengaturan dengan mengetuk ikon "tiga garis vertikal". Kemudian pilih "Settings" > "Privacy & security". Di sini, matikan fitur "Recommended for you".

Pengguna disarankan pula mengatur halaman utama aplikasi Mi Browser yang penuh iklan. Untuk menggantinya pergi ke menu "Settings" > "Advanced" > "Set start page". Di sini, ganti halaman utama menjadi www.google.com. Setelah itu, klik OK. Buka aplikasi MIUI Security. Kemudian pergi ke menu "Settings" dengan mengetuk ikon pengaturan di sebelah kanan atas. Di halaman ini, matikan opsi "Receive recommendations". Buka aplikasi MIUI Security lalu beranjak ke menu pengaturan "Settings" > "Cleaner". Di halaman pengaturan "Cleaner", matikan opsi "Receive recommendations". Buka aplikasi MIUI Downloads lalu ke menu pengaturan dengan mengunjungi halaman "Settings". Kemudian matikan opsi "Show recommended content". Pilih "Ok" pada jendela yang muncul.

Buka aplikasi Mi Music. Lalu, ke menu "Settings" > "Advanced Settings" yang bisa diakses dari mengklik ikon "tiga garis vertikal" di sebelah kiri atas. Di sini, matikan opsi "Receive recommendations". Buka aplikasi Mi Video, kemudian ke tab "Account" pada bagian kanan bawah aplikasi Mi Video. Di sini, pilih menu "Settings". Setelah itu, nonaktifkan opsi "Online recommendations" dan "Push notifications". Tak hanya di aplikasi bawaan, iklan juga bisa disisipi di folder folder aplikasi Xiaomi. Untuk menghilangkannya, buka salah satu folder lalu ketuk nama folder tersebut.

Kemudian, nonaktifkan sub menu "Promoted apps" yang terletak di bawah kolom nama folder. Demikianlah cara efektif untuk membasmi iklan di ponsel Xiaomi dengan antarmuka MIUI, sebagaimana dirangkum dari Gadgets360. Cara cara ini sendiri telah terbukti berhasil dan telah diuji coba oleh tim KompasTekno di ponsel Redmi 6 Pro dengan MIUI versi 10. Anda juga bisa melakukannya di perangkat Xiaomi lain yang memiliki antarmuka MIUI versi 9. Selamat mencoba!

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*