dan Cara Mengatasinya Pengobatan Penyebab Mengenal Psikosomatik Beserta Gejala

Psikosomatik merupakan gejala fisik yang muncul dari pikiran dan dipengaruhi oleh emosi. Penyakit ini berasal dari stres emosional dalam tubuh, terutama ketika sistem kekebalan tubuh melemah. Kondisi psikosomatik itu nyata, tidak hanya khayalan dan sangat perlu perawatan, sama halnya seperti penyakit lainnya.

Berikut ini gejala psikosomatik, penyebab, pengobatan, dan cara mengatasinya dikutip dari verywellmind.com , Sabtu (16/11/2019): 1. Jantung berdebar kencang 2. Telapak tangan berkeringat

3. Otot otot tegang 4. Mual Tanda tanda stres kemungkinan akan berbeda beda pada setiap orang dan juga bervariasi berdasarkan tingkatan usia.

Pada wanita, gejala stres sering terjadi seperti saat periode menstruasi, merasa kelelahan, mudah marah, dan perut kembung. Sedangkan bagi pria. cenderung pada perubahan dorongan seksual, nyeri dada, dan peningkatan tekanan darah. Gejala stres juga menghampiri para remaja, terutama selama periode perkembangan hormon.

Ada berbagai jenis stres, diantaranya bisa positif namun ada juga yang negatif. Eustress merupakan apa yang membuat hidup Anda lebh menyegarkan dan menarik. Perasaan tersebut akan membuat Anda ingin bangun pagi dan merasa termotivasi.

Ketika Anda merasakan kegembiraan dan kepuasan saat menyelesaikan sesuatu, berarti Anda mengalami stres yang positif. Namun, disisi lain jika Anda mengalami kerugian besar dan perubahan dalam kehidupan, maka Anda sedang mengalami stres yang negatif atau buruk. Anda akan merasakan pusing hingga pikiran dan tubuh Anda merasa sangat tertekan.

Stres dan depresi juga dapat dinyatakan sebagai rasa sakit dan penyakit fisik. Seseorang yang berada di bawah tekanan dan tidak mampu melampiaskan emosinya. Pada akhirnya mereka akan mencapai titk kehancuran emosional.

Hal ini dapat mengakibatkan serangan depresi situasional atau memicu depresi berat. Stres juga dapat membahayakan kekebalan tubuh Anda. Ketika seseorang stres, mereka akan membutuhkan banyak waktu untuk menjadi lebih baik lagi.

Sangat penting bagi Anda untuk mempelajari cara mengelola stres secara efektif. Namun, hal tersebut sering kali memakan waktu yang cukup lama. Stres dapat menyebabkan bahan kimia dalam tubuh menghasilkan peradangan pada otot otot leher dan mengakibatkan Anda sakit.

Anda memerlukan obat antiinflamasi atau jenis perawatan lainnya, terapi fisik atau pijat untuk mengatasi rasa sakit pada leher. Pengobatan lain adalah dengan cara memperbaiki masalah yang terjadi. Setelah paham cara mengenali kapan Anda stres dan mengetahui sumber sumbernya, langkah selanjutnya adalah mempelajari mekanisme koping.

Koping adalah cara yang dilakukan seseorang dalam menyelesaikan masalah, menyesuaikan diri dengan perubahan, dan respons terhadap situasi yang mengancam. Satu yang paling utama dan penting adalah menghindari perasaan Anda. Stres yang terpendam dalam tubuh akan keluar dengan sendirinya.

Hal sederhana yang dapat Anda lakukan adalah melampiaskan rasa stres Anda. Namun, periksalah apakah Anda telah menggunakan mekanisme koping yang benar atau tidak. Berikut beberapa cara mengatasi psikosomatik.

1. Percayalah pada teman Anda. 2. Bergabung dengan grup. 3. Pelajari teknik relaksasi.

4. Jujurlah dengan orang lain atau diri Anda sendiri. 5. Luangkan waktu untuk refreshing. 6. Jelajahi cara cara baru yang menyenangkan untuk mengatasi stres.

7. Beristirahatlah sejenak. 8. Makanlah makanan diet seimbang, berolahraga teratur, dan waktu tidur yang sesuai. 9. Lepaskan dendam, pola pikir, atau hubungan yang tidak sehat bagi Anda.

10. Lakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat untuk orang lain dan diri sendiri. 11. Cobalah mengonsumsi teh herbal atau suplemen herbal untuk mengatasi stres Anda (produk ini dapat memiliki efek samping, konsultasilah dengan dokter Anda terlebih dahulu). Setiap orang akan memiliki cara menangani stres yang berbeda beda.

Gunakan cara yang sehat dan efektif untuk menanganinya agar tubuh dan pikiran Anda menjadi sehat kembali.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*