dan Leher Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan Serius Siku Kerak Hitam di Ketiak

Kerak hitam mungkin sering muncul pada beberapa orang di bagian lipatan kulit, seperti leher, ketiak, siku, lutut dan tempat lainnya. Gangguan tersebut sering disebut acanthosis nigricans yang merupakan gangguan pigmentasi kulit yang cukup umum. Tanda yang paling penting dari acanthosis nigricans adalah bercak gelap pada kulit dengn tekstur tebal dan lembut.

Bagian kulit yang terkena mungkin juga menjadi gatal atau berbau. Kerak menghitam ini biasanya muncul di lipatan kulit dan area lainnya, seperti ketiak, paha, leher, siku, lutut, buku buku jari, bibir, atau telapak tangan. Namun, acanthosis nigricans dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius, seperti prediabetes.

Perawatan yang paling efektif berfokus pada menemukan dan menyelesaikan kondisi medis pada akarnya. Orang yang berisiko terkena acanthosis nigricans Dikutip dariHealtline, acanthosis nigricans paling sering terjadi pada mereka yang kelebihan berat abdan, memiliki kulit yang lebih gelapm dan memiliki kondisi diabetes atau prediabetic.

Anak anak yang mengembangkan acanthosis nigricans berada pada risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari. Frekuensiacanthosis nigricans bervariasi antar kelompok etnis. Menurut American Academy of Dermatology, orang orang Afrika, Karibia, atau keturunan Hispanik juga mengalami peningkatan risiko.

Semua kelompok etnis sama sama berisiko terkenaacanthosis nigricans ketika indeks massa tubuh (BMI) jauh di atas normal. Acanthosis nigricans terjadi ketika sel kulit mulai bereproduksi dengan cepat. Pertumbuhan sel kulit yang tidak normal ini paling sering dipicu oleh tingginya tingkat insulin dalam darah. Dalam kasus yang jarang terjadi, peningkatan sel sel kulit dapat disebabkan oleh obat obatan, kanker, atau kondisi medis lainnya.

Terlalu banyak insulin Pemicu yang paling sering untuk acanthosis nigricans adalah terlalu banyak insulin dalam aliran darah. Kelebihan insulin menyebabkan sel sel kulit normal bereproduksi dengan cepat. Bagi mereka yang memiliki kulit gelap, sel sel baru ini memiliki banyak melanin.

Peningkatan melanin menghasilkan area kulit yang lebih gelap dari kulit di sekitarnya. Dengan demikian, kehadiran acanthosis nigricans adalah prediktor kuat diabetes di masa depan. Obat obatan Acanthosis nigricans juga dapat dipicu oleh obat obatan tertentu seperti pil KB,obat hormon pertumbuhan manusia, obat tiroid, dan bahkan beberapa suplemen binaraga.

Penyebab lainnya Dalam kasus yang jarang terjadi, acanthosis nigricans dapat disebabkan oleh kanker lambung, kelainan kelenjar adrenal, gangguan kelenjar pituitari, rendahnya kadar hormon tiroid, dan dosis tinggi niacin. Ini adalah gejala dari kondisi lain yang mungkin memerlukan perhatian medis. Perawatan sebagian besar difokuskan pada penanganan kondisi yang menyebabkannya.

Bercak menghitam atau kerak hitam biasanya akan memudar ketika Anda menemukan penyebabnya dan mengatasinya segera.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*