Hari Diabetes Internasional – 8 Buah ini Bebas Dikonsumsi Penderita Diabetes

Sesuai dengan Hari Diabetes Internasional yang diperingati setiap tanggal 14 November. Kami merangkum beberapa buah yang dapat dikonsumsi penderitanya. Buah tersebut mulai dari buah kurma hingga buah Stroberi. Diabetes merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang. Banyak orang pengidap diabetes ini sangat menjaga makanan yang ia konsumsi setiap harinya.

Menghindari makanan dengan rasa yang manis agar kadar gula darah mereka tidak semakin meningkat. Tak sedikit pula orang yang takut Mengonsumsi buah dengan rasa yang manis, karena ditakutkan setelah mengonsumsi buah manis tersebut kadar gula darah akan meningkat. Namun tak usah khawatir, ini ada beberapa buah manis yang aman dikonsumsi pengidap diabetes.

Dengan catatan, mereka mengonsumsi buah tersebut sewajarnya dan tidak terlalu berlebihan. Apapun yang berlebihan akan berakibat buruk, tak terkecuali untuk hal yang dianggap sehat seperti makanan, minuman maupun buah sekali pun. Kurma memang buah yang memiliki rasa yang sangat manis untuk sebagian orang.

Nyatanya kurma dapat mencegah diabetes. Semua itu karena kurma memiliki kandungan gula alami yang baik untuk tubuh. Kandungan serat pada kurma dapat mengontrol gula darah.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Nutrition Journal 2011 yang di kutip dari shopback. Buah markisa memiliki indeks glikemik rendah (GI) dan serat tinggi (10,4%). Ini membuatnya menjadi buah yang bagus untuk mempertahankan kadar insulin bagi penderita diabetes.

"Buah markisa mengandung serat tinggi seperti pektin yang dapat membuat kalian merasa kenyang tanpa meningkatkan asupan kalori, " ucap dr. Sandhya. Buah apel disamping rasanya yang khas dan manis, ternyata dapat dikonsumsi dengan bebas oleh penderita diabetes. Tak banyak yang tahu jika apel mampu mengurangi resiko diabetes tipe dua jika rutin dikonsumsi.

Orang yang rutin Mengonsumsi apel dapat menurunkan resiko diabetes tipe dua sebesar 27 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak makan apel. Buah berry mengandung antioksidan tinggi yang mampu menekan pertumbuhan tumor dan sel kanker payudara. Tak hanya itu saja, berry juga dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, karena membantu memecahkan gula darah dan karbohidrat menjadi glokusa.

Inilah yang membuat berry menjadi menu ideal bagi penderita diabetes. Makanan untuk diabetes selanjutnya adalah stroberi. Maka bagi orang yang mengidap penyakit diabetes, buah ini sangat aman untuk dikonsumsi.

Yang paling penting stroberi memiliki banyak manfaat untuk diabetes tipe 2. Diantaranya buah stroberi dapat mengatur kadar gula darah dan mencegah komplikasi berlanjut. Banyak kandungan antioksidan anthocyanin dalam stroberi.

Stoberi juga merupakan buah rendah kalori yang kaya akan serat sehingga sangat penting bagi penderita diabetes. Setengah cangkir stroberi akan memberikan 25 kalori untuk tubuh yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi kiwi kurang lebih 200 gram setiap harinya untuk membantu menjaga kadar glukosa darah dalam tubuh.

Buah ini mengandung serat larut yang dapat menyerap gula lebih lambat. Ketika kalian mengonsumsi makanan untuk diabetes yang kaya akan serat, penting juga bagi penderita diabetes untuk menjaga komposisi asupan makanan. Penderita diabetes juga mengimbangi dengan olahraga yang teratur agar mencegah terjadinya komplikasi diabetes.

Alpukat merupakan salah satu buah yang ampuh untuk mencegah penyakit diabetes. Buah ini mengandung karbohidrat yang rendah sehingga tidak mempengaruhi kadar gula darah secara signifikan. Meski karbohidratnya rendah, alpukat mengandung serat yang tinggi.

Serat tersebut membuat kalian tahan lapar. Tak heran buah ini sangat disukai oleh mereka yang sedang menjalankan diet. Buah kersen yang memiliki rasa manis ini ternyata dapat mengontrol gula darah dalam tubuh lho.

Maka dari itu buah ini sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes, jika mereka ingin makan makanan dengan rasa yang manis. Tanpa takut gula darah dalam tubuhnya naik. Dilansir dari Medical Daily, mereka menemukan, kersen ini dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh secara signifikan setelah mengonsumsi 500 mg ekstrak kresen ini.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*