Ide-ide Daur Ulang Plastik yang Anti-mainstream

Ide-ide Daur Ulang Plastik yang Anti-mainstream

Gaung melestarikan lingkungan hidup dan menjaga bumi dengan slogan Go Green semakin ramai. Dengan berbagai cara para pengiatnya memberikan contoh nyata bagaimana cara mereka meminimalisasi dan mengolah sampah yang ada sehingga tidak merusak lingkungan saat dibuang. Salah satu sampah yang diatur untuk dikurangi adalah sampah plastik. Daur ulang plastik sampai saat ini pun jadi agenda besar untuk para pengiatnya.

Jika Anda adalah salah satu pengiat yang masih perlu banyak ide mendaur ulang sampah plastik ini, maka saya akan memberikan beberapa ide berbeda daripada yang sudah ada, berikut ini:

Menata Lemari Dengan Plastik Keresek

Tak perlu kuatir lagi dengan barang di lemari yang menumpuk. Jika Anda punya banyak kantong keresek yang masih bagus dan tidak terpakai, sekarang mereka akan bisa berguna.

Ambil satu baju dari tumpukan, masukkan ke dalam keresek. Pastikan kalau kereseknya bersih, sehingga bajunya tidak menjadi kotor. Ambil mesin penyedot debu, arahkan ke mulut keresek yang telah Anda genggam. Pastikan seluruh udara di dalam keresek tertarik keluar. Paket baju menjadi sangat kecil dari ukuran yang normal. Lakukan terus hingga seluruh baju dalam rak terbungkus plastik kedap udara. Dan buktikan kalau lemari Anda jadi bisa lebih rapi.

Wadah Garam, dan Merica Bubuk

Ambil botol plastik bekas air kemasan, pilih yang ukuran sedang dan kalau bisa berwarna. Kalau tidak bisa diwarnai dulu dengan menggunakan cat akrilik atau cat poster. Potong kurang lebih 5 cm dari arah kepala botol. Ambil bagian kepala botolnya.

Daur ulang plastik yang ini mudah dan cepat banget bikinnya. Ambil lem tembak dan sediakan alas kertas roti. Tembakan lemnya ke kertas sehingga lapisan lilinnya menggumpal membentuk lingkaran. Lalu tempel kepala botol yang bolong bawahnya tadi ke lilin. Pastikan semua bagian lilin menutupi lubang botol.

Kemudian masukkan garam atau merica ke dalam kepala botol yang bagian dasarnya sudah tertutup rapat. Jangan lupa memberi lubang di bagian tutup botol dengan cara menusukan paku.

Saringan Teh atau Kopi

Botol plastik bekas kemasan minuman bersoda sekarang tidak akan nganggur lagi. Ambil satu dan copot kepala botolnya. Buat beberapa bolongan di tutup menggunakan paku. Lalu kembalikan lagi ke botol.

Daur ulang plastik botolnya dengan memotongi botol jadi 2 bagian yang tidak terlalu lebar ke arah kepala botol. Taruh dengan posisi kepala ke bawah masuk ke gelas. Tuangkan teh atau kopi ke gelas. Dan Anda akan dapatkan sisa-sisa serbuk teh atau kopinya tersaring di tutup botol.

Digunakan Kembali Untuk Botol Kecap atau Saus Sambal

Lepaskan tutup botol dari botolnya. Panaskan permukaan depan botol dengan api atau lighter. Jika dirasa bagian tutup sudah melunak, dorong dari arah dalam keluar.Tidak lama botol kembali dingin dan keadaan tutupnya seperti ada gunung yang tajam. Potong bagian atasnya yang tajam.

Kembalikan tutup ke tempat semula, namun kali ini botol sudah terisi kecap atau saus sambal. Hanya dengan membalikan botol dan pencet sedikit, maka isi di botol dapat keluar.

Demikian beberapa kreasi daur ulang plastik yang belum pernah Anda lihat. Tentunya kalau Anda punya kreasi lain sangat mungkin untuk membagi cara pembuatannya dengan orang banyak. Sekecil apapun partisipasi Anda untuk mendaur ulang sampah, pasti akan sangat membantu bumi.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*