Ini Faktanya Benarkah Kita wajib Minum 8 Gelas Air Putih Sehari

Air putih memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Sebab, air merupakan komponen terbesar dalam tubuh. Oleh karena itu, kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi.

Di masyarakat, terdapat informasi yang paling banyak diyakini, manusia dianjurkan meminum air putih dua liter per hari. Dua liter air putih sama dengan delapan gelas air per hari. Delapan gelas dianjurkan bahkan ketika seseorang sedang tidak merasa haus.

Saran itu mulanya berasal dari rekomendasi oleh ahli gizi, Fredrick J Stare pada 1974. Sebenarnya, ia menyarankan enam hingga delapan gelas per hari. Meskipun begitu, di Amerika Serikat maupun Indonesia, saran yang populer adalah meminum delapan gelas per hari.

Namun, di zaman sekarang, apakah itu benar adanya? Faktanya, jumlah gelas air putih yang harus diminum per hari memiliki berbagai versi dari para peneliti. Bahkan, ada beberapa peneliti yang tak mengiyakan delapan gelas per hari.

Dilansir Guardian , seorang profesor di bidang fisiologi, olahraga, dan nutrisi di University of Stirling, Stuart Galloway mengatakan sebaliknya. "Saat ini, itu (minum delapan gelas per hari) tidak dianggap masuk akal," kata Galloway. "Sebagai manusia, kita memiliki sistem homeostatis. Jadi, ketika kita membutuhkan air, kita merasa haus," ungkapnya.

Galloway menyebut, seseorang perlu minum jika merasa haus. Meskipun begitu, minum dapat mempertahankan tingkat cairan dalam tubuh sekitar 1 2 persen dari kondisi ideal. Selain itu, jumlah air gelas yang diminum dapat bergantung pada pekerjaan seseorang.

"Bagi kebanyakan orang, ini (minum banyak air putih) tidak masalah. Bahkan, untuk atlet, kehilangan sekitar 1 persen cairan tubuh dapat menurunkan kinerja." "Jadi, meskipun kehausan tidak selalu menyebabkan kehilangan cairan tubuh, itu (minum delapan gelas per hari) belum tentu hal yang buruk," jelas sang profesor. Galloway mengatakan, anjuran minum delapan gelas air putih mulanya diberlakukan pada orang tua.

Pada orang tua, seiring bertambahnya usia, rasa haus semakin bertambah. Saat itulah dehidrasi menjadi ancaman. Namun, di era sekarang, semua kalangan usia, terutama orang dewasa, banyak meminum air putih untuk menyehatkan tubuh.

Galloway menyebut, air berperan penting dalam detoksifikasi pada ginjal. "Banyak 'sampah' (di dalam tubuh). Ginjal Anda bekerja dengan sangat baik untuk memilah apa yang perlu Anda pertahankan, dan apa yang perlu Anda singkirkan," katanya. Di sisi lain, profesor kesehatan masyarakat di City, University of London, memperingatkan bahwa minum terlalu banyak air dapat membunuh.

Keracunan air terjadi ketika jumlah elektrolit dalam tubuh menjadi tidak seimbang dengan asupan air yang berlebihan. Akibatnya, fungsi otak terganggu. Meskipun begitu, dalam penelitiannya yang berjudul "Increased water intake to reduce headache: Learning from a critical appraisal" pada 215 silam, Burls menyatakan, peningkatan asupan air itu perlu.

"Dehidrasi ringan kronis dapat memicu sakit kepala. Asupan air yang meningkat dapat membantu (menghindari dehidrasi)." "Sebuah uji coba kecil menunjukkan manfaat yang sederhana. Namun, secara metodologis dan logis, uji coba terkontrol dan acak yang besar diperlukan untuk mengkonfirmasi kebenarannya," terangnya. Sementara itu, di Inggris, National Health Service (NHS) merekomendasikan untuk minum 6 8 gelas per hari.

Itu sama dengan 1,2 liter cairan setiap hari. Berbeda dengan saran konsumsi air dari Harvard Medical School. Mengutip dari health.harvard.edu, seseorang dianjurkan cukup meminum 4 6 cangkir sehari, untuk orang dewasa yang sehat.

Itu sudah termasuk minuman selain air putih, seperti kopi dan teh. Hal tersebut didukung oleh penelitian yang dilakukan Galloway pada 2016 lalu. Riset berjudul "Scientists assess hydration potential of different drinks" menguji potensi hidrasi dari berbagai minuman.

Hasilnya, satu liter bir memiliki kemampuan hidrasi yang kurang lebih sama dengan satu liter air. Demikian pula, satu liter kopi instan yang mengandung 212 miligram kafein sama melembabkannya dengan air. Bahkan, susu lebih melembabkan dan efektif sebagai solusi hidrasi untuk penderita diare.

Dengan kata lain, kopi, teh, dan minuman selain air putih masih dianggap sebagai asupan air.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*