Ini Faktanya Benarkah Minum Kopi Secara Berlebihan Dapat Menurunkan Kualitas Imunitas Tubuh

Minuman berkafein ini juga kerap dijadikan minuman pendamping ketika berdiskusi atau sekadar ngobrol santai bersama teman. Faktanya, terlalu sering minum kopi dapat bisa melemahkan sistem imunitas tubuh untuk melawan infeksi. Selain itu, laman Copeman Healthcare juga melaporkan bahwa konsumsi kafein berlebihan dapat memicu pelepasan produksi hormon kortisol yang tinggi sebagai respons terhadap stres fisik dan mental.

Akibatnya, tubuh tentan mengalami peningkatan gula darah, kolesterol dan trigliserida yang tinggi, serta penekanan pada sistem imunitas tubuh. Melansir laman The Healthsite , konsultan nutrisi Niti Desai juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, kopi bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh lewat tiga cara berikut:

Kafein dalam kopi bila dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan hormon stres atau kortisol. Sementara itu, hormon stres berlebihan dapat menganggu sistem kekebalan tubuh yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Peningkatan hormon kostrisol juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, fluktuasi gula darah, peningkatan kolesterol dan trigliserida.

Asupan kafein yang tinggi dapat menekan produksi antibodi dalam tubuh. Pasalnya, kafein memblokir sel T dan sel B dalam tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi. Kafein berlebihan juga bisa memblokir neurotransmitter adenosine yang bertanggung jawab untuk memproduksi neurotrasnmitter lainnya.

Saat kafein membelokir neurotransmitter adenosin, hal ini bisa membuat otak lebih waspada sehingga produktivitas meningkat. Namun, efek ini hanya sementara karena otak akan memproduksi lebih banyak reseptor adenosin yang lambat laun akan berpengaruh pada pola tidur kita. Dalam jangka panjang, kafein berlebihan juga bisa membuat kita insomnia.

Padahal, kurang tidur dapat meningkatkan kadar hormon kortisol yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*