Ini Penyebab Pesawat British Airways Nyasar dan Salah Mendarat 800 Km dari Kota Tujuan

Sebuah pesawatyang berangkat dari Bandara Internasional London, Inggris, salah rute yang menyebabkannya mendarat sejauh 800 kilometer dari kota tujuan. PesawatBritishAirwaysBA3271 terbang pada Senin (25/3/2019) dari London dengan tujuan Dusseldorf, Jerman, itu justru mendarat di Edinburgh, Skotlandia. Para penumpang bahkan baru mengetahui kesalahan tersebut saat pilot mengumumkan bahwa pesawat telah mendarat di Edinburgh, sementara mereka mengharapkan tiba di Dusseldorf.

Setelah kru pesawat menyadari kesalahan yang terjadi, pesawat segera kembali mengisi bahan bakar dan melanjutkan penerbangan ke tujuan sebenarnya. PesawatBritishAirwayssalah rute tersebut akhirnya mendarat di Dusseldorf, Jerman, dengan keterlambatan hampir tiga jam dari jadwal seharusnya. DilansirNew York Times, kesalahan terjadi pada dokumen yang diajukan oleh perusahaan Jerman yang telah mencarter pesawat, WDL Aviation.

Perusahaan tersebut salah dalam mengajukan rute kepada pengontrol lalu lintas udara. "Kami bekerja sama dengan WDL Aviation yang mengoperasikan penerbangan atas namaBritishAirwayssedang bekerja menemukan penyebab rencana penerbangan yang salah diajukan," kataBritishAirwaysdalam pernyataannya. Secara keseluruhan, penerbangan berjalan lancar dan tidak menunjukkan risiko bahaya.

Hanya karena adanya kesalahan dokumen, para kru penerbangan, dari pilot hingga pengontrol lalu lintas udara, meyakini bahwa pesawat tersebut bertujuan ke Edinburgh. Sementara para penumpang naik dengan maksud ingin ke Dusseldorf. MaskapaiBritishAirwaysjuga telah menyampaikan permohonan maaf kepada para penumpang atas ketidaknyamanan yang dialami dalam penerbangan tersebut.

"Kami telah meminta maaf kepada para pelanggan atas gangguan dalam perjalanan mereka dan akan menghubungi mereka secara individual," sebut British Airways dalam pernyataannya. Permohonan maaf juga disampaikan pihak Bandara London melalui akun resmi Twitter mereka. "Kami menyesalkan bahwa penumpang yang berangkat ke Dusseldorf dengan penerbangan BA3271 dioperasikan oleh WDL Aviation mendarat di ibu kota Skotlandia,"kata pihak bandara.

Laporan: Agni Vidya Perdana

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*