Ini Saran Dokter Ibu yang Baru Saja Operasi Caesar Seperti Selvi Ananda Boleh Mandi Gak Sih

—Selvi Ananda baru saja pulang dari Rumah Sakit usai melahirkan La Lembah Manah putrinya. Tidak sama seperti ibu yang melahirkan dengan cara normal membutuhkan waktu yang singkat untuk masa penyembuhan, ibunda Jan Ethes ini harus melakukan pemulihan lebih lama usai operasi caesar. Bekas jahitan ibu di perut akan meninggalkan rasa sakit yang cukup lama dan membutuhkan perawatan yang lebih.

Tak hanya itu, mereka juga membutuhkan waktu agar bisa melakukan rutinitas normal karena bekas jahitan yang belum kering. Dalam masa penyembuhan ini, tak jarang ibu akan berpikiran untuk 'mandi' kan? Membersihkan tubuhnya lagi setelah berjuang untuk melahirkan.

Tapi bolehkan ibu mandi setelah melakukan operasi caesar saat jahitan belum terlalu kering? Melahirkan dengan metode caesar akan meninggalkan luka bekas jahitan pada si ibu hamil. Luka itu kemudian akan menimbulkan rasa nyeri. Rasa nyeri tersebut akan lebih intens dirasakan jika ibu sudah dua kali melahirkan melalui metode caesar karena dibukanya kembal jahitan daru kelahiran sebelumnya.

Dr. Ivander Utama, SpOG yang bertugas di RSIA Bunda Jakarta dan Morula IVF menuturkan untuk luka bekas jahitan caesar biasanya akan kering setelah satu minggu pasca operasi. Luka biasanya ditutup terlebih dulu dengan kasa yang anti air agr luka tidak basah sehingga bekas jahitan bisa cepat kering. Agar pemulihan lebih cepat kepada pasien yang baru saja melahirkan secara caesar dokter Ivander mengingatkan agar mengonsumnsi obat dan suplemen dengan anjuran.

Lalu, pola makan yang sehat dan mulai perlahan membiasakan badan melakukan aktivitas adalah langkah cepat membantu proses kesembuhan setelah melahirkan secara caesar. “Tetap aktif akan membuat ibu merasa lebih sehat daripada bedrest berkepanjangan yang malahan dapat membuat ibu merasa tidak sembuh sembuh,” ungkap dr. Ivander. Sementara itu, jika tidak ada keluhan pasca melahirkan secara caesar biasanya pasien hanya butuh dua sampai tiga hari untuk bisa beraktivitas produktif dan mandiri walaupun rasa nyeri pada luka masih bisa terasa hingga berbulan bulan.

“Untuk masalah nyeri atau tidak enak pada bekas operasi, kadang masih bisa dirasakan sampai beberapa bulan tapi lambat laun akan membaik, terutama bila aktifitas fisik ibu normal,” tutur dr. Ivander. Terakhir, dr. Ivander kembali mengingatkan pentingnya melakukan persiapan jelang kehamilan untuk melakukan persiapan prakehamilan guna memastikan kesehatan kandungan terutama untuk menilai pemulihan luka bekas caesar di rahim. “Penting bagi ibu hamil dengan riwayat caesar untuk mendapatkan informasi yang jelas seputar tindakan sesar sebelumnya, baik dalam hal indikasi, teknik operasi, hingga kesulitan yang dialami saat sesar,” pungkas dr. Ivander.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*