Ini yang Perlu Diperhatikan Jaga Imunitas Virus Corona Tak Menular Bila Imunitas Tubuh Kita Baik

Kasusviruscoronabaru atauCovid 19sudah positif menjangkit dua warga negara Indonesia asalDepok. Virus corona yang baru ini menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini termasuk dalam golongan yang sama dengan SARS dan MERS.

Orang yang terinfeksi dapat sembuh karena mengandalkanimunitastubuhnya. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto juga menegaskan masyarakat tidak perlu panik dan khawatir berlebihan terkaitviruscorona. Menkes mengatakanviruscoronatidak akan menyebabkan sakit bilaimunitasorang tersebut baik.

"Tidak semua yang kontak akan sakit. Yang sakitimunitastubuhnya rendah," kata Menkes di RSPI Sulianto Saroso, Jakarta, Senin (2/3/2020), seperti dikutip dari Kompas.com. "Jadi tergantung badan kita. Kalauimunitaskita baik, enggak akan mempan. Ini data, kenyataan," tambah Menkes. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar masyarakat melakukan tindakan pencegahan penyebaran virus corona.

Salah satu pencegahannya adalah meningkatkan sistemimunitas. Melansir dari artikel Alodokter yang ditinjau oleh dr Allert Benedicto Ieuan Noya, ada beberapa cara untuk meningkatkanimunitas. Pola hidup sehat berperan penting dalamimunitastubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Anda disarankan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Berdasarkan penelitian, orang yang rajin mengonsums sayur dan buah cenderung tidak mudah sakit. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubih dalam melawanviruscorona.

Apakah Anda mudah sakit bila kurang tidur? Betul, kurang tidur dapat menurunkanimunitastubuh. Umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7 8 jam dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9 10 jam. Fungsikekebalantubuhdapat turun karena peningkatan hormon kortisol.

Hormon kortisol meningkat ketika Anda dalam kondisi stres. Anda perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari penurunan fungsikekebalantubuh. Anda disarankan melakukan olahraga setiap hari selama 30 menit.

Rutin berolahraga dapat meningkatkan sistemimunitas. Anda bisa juga lho mendownload aplikasi yang membantu Anda berolahraga di rumah. Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistemkekebalantubuh.

Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar. Vitamin serta suplemen dapat meningkatkanimunitastubuh.

Hal tersebut dapat menjadi pilihan untuk menambah vitamin dan zat yang diperlukan tubuh bila tidak tersedia dari makanan. Beberapa suplemen yang bermanfaat meningkatkanimunitasdi antaranya. Echinacea: antivirus, antiradang, dan antioksidan. Diyakini membantu tubuh melawan virus penyebab flu

Buah mengkudu: mengandung kalium dan meningkatkan stamina sertakekebalantubuh Daun meniran: Dianggap mengandung antioksidan dan mampu melawan radikal bebas Vitamin B6, C dan E: Ketiga vitamin ini dapat memberi manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih optimal.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*