Itu Kurang Tepat HOAKS Pembuluh Darah Mata Pecah Akibat Begadang Dokter

Hoaks mengenaiseorang warganet yang mengakutetangganya mengalami pecah pembuluh darah mata akibat sering begadangviral di media sosial. Dokter Umum di RSUD Pandan Arang, Boyolali, Jawa Tengah, dr. M. Fiarry Fikaris membantahcerita yang beredar tersebut. Menurutnya pembuluh darah mata tidak mungkin pecah akibat begadang seperti yang dituliskan dalam unggahan viral itu.

Fiary menambahkan, penyebab pembuluh darah mata pecah di antaranya dikarenakan bersin, batuk, mengejan, mengalami benturan, ataupun mengalami kenaikan darah secara tiba tiba. "Penyebab pembuluh darah mata pecah antara lain bersin, batuk, mengejan, benturan, dan kenaikan tekanan darah tiba tiba," ungkapnya. Sementara itu, dr Fiarry menjelaskan, begadang memang memiliki sejumlah efek buruk.

Menurutnya, efek yang paling sering terjadi akibat begadangyaitu rusaknya irama sirkadian tubuh. Hal ini lantaran manusia memang semestinya melakukan aktivitas di siang hari kemudianistirahat di malam harinya. "Efek begadang yang paling sering berupa rusaknya irama sirkadian tubuh, karena dasarnya tubuh manusia diprogram untuk aktivitas di siang hari dan istirahat di malam hari," terangnya.

Fiarry menuturkan, rusaknya irama sirkadian tubuh ini ditandai oleh sejumlah gejala. Di antaranya seperti mengantuk di siang hari, konsentrasi terganggu, memori terganggu, dan sebagainya. Hoaks seorang warganet yang mengatakan tetangganya mengalami pecah pembuluh darah mata akibat begadangterungkap dalam cuitanakun Twitter anonim @asknonym pada Rabu (20/5/2020).

Dalam unggahan berupa tangkapan layar berisi cerita tersebut,sang penulis mengatakan, tetangganya memiliki kebiasaan begadang dan tidurnya pun tidak teratur. Akibatnya, ia menyebutkan, tetangganya tersebut pembuluh darah matanya pecah dan tidak dapat operasi. Di akhir tulisannya, ia berpesan pada setiap orang untuk dapat lebih menjaga kesehatan.

"plis kalian yg suka begadang mulai skrg stop plis banget. Tetanggaku suka begadang terus tidurnya gateratur pembuluh darah matanya pecah, uda dibawa ke (sensor) gabisa oprasi krn kl di op bakal merembet ke organ lainnya. Plis jaga kesehatan mata," tulisnya dalam unggahan tersebut.

Unggahan itu pun viral dan menuai berbagai respons dari warganet. Sejumlah warganet bertanya tanyamengenai kebenaran kejadian tersebut. Sementara, sebagian lainnya langsung membantah dan mengaku tidak percaya.

HinggaRabu malam, unggahan tersebut sudah dibagikan 1.800 kali dan disukai lebih dari 10.000 orang.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*