Jawabannya Tidak Herd Immunity Ramai Dibicarakan Bantahan Tegas Achmad Yurianto Kita Memakai Itu

Sempat ramai dibicarakan soal herd immunity yang disebut jadi langkah pemerintah, namun ternyata Achmad Yurianto beri tanggapan berbeda! Berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah demi melakukan penanganan covid 19 di Indonesia. Mulai dari menggalakkan hidup sehat dengan menggunakan maske saat keluar rumah dan selalu cuci tangan.

Bahkan hampir seluruh wilayah di Indonesia melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Beberapa daerah yang kasus pasien positifnya sudah mulai landai mulai menerapkan new normal. Pelonggaran pembatasan ini dilakukan agar roda ekonomi tetap berputar.

Usaha yang dimiliki masyarakat tetap berjalan, bisa bekerja dan tak kelaparan. Masyarakat sudah menunjukkan berbagai respon dengan rencana ini. Bahkan di media sosial muncul kabar jika pemerintah akan menerapkan herd immunity.

Ini penjelasan lengkapnya, dari narasi yang beredar hingga klarifikasi pemerintah. Herd immunity adalah kondisi ketika sebagian besar kelompok atau populasi manusia kebal terhadap suatu penyakit karena sudah pernah terpapar dan sembuh dari penyakit tersebut. Merespons anggapan ini, pemerintah menegaskan bahwa penanganan virus corona di Indonesia tidak menggunakankonsep herd immunity .

Banyak akun di media sosial Facebook maupun Twitter dan Instagram serta grup percakapan Whatsapp yang berspekulasi soal penerapan herd immunity karena adanya pelonggaran PSBB dan akan diterapkannya new normal . Narasi yang diunggah beragam. Salah satunya yang dibagikan berikut ini:

Denger² karena Lockdown dan PSBB ngga berhasil dilakukan di Indonesia maka bakalan ke arah Herd Imunity.Setelah Idul Fitri Pemerintah tidak akan update jumlah yang tekena Covid. Saat ini yang terdeteksi 20.162 Kemungkinan dalam waktu dekat akan diberlakukan *Herd Immunity*, artinya _menyerahkan rakyat pada seleksi alam ; yang kuat bertahan, kemudian imun yang lemah meninggal dengan sendirinya. Unggahan lain yang senada dengan narasi berbeda juga banyak dibagikan sejumlah . SELEKSI ALAM AKAN MULAI BERJALAN DI INDONESIA #Dibaca dengan baik pelajaran sekaligus info bagi seluruh rakyat Indonesia

Seleksi Alam sudah mulai berjalan? Karena Lockdown dan PSBB tidak berhasil dilakukan di Indonesia maka akan berganti kearah Herd Immunity (HI) ya? " demikian narasi lain yang beredar. Dalam sejumlah kesempatan, pemerintah menyatakan tidak menggunakan konsep herd immunity dalam penanganan virus corona di Indonesia. Seperti diberitakan , 13 Mei 2020,Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid 19 Achmad Yurianto menegaskan, pemerintah tidak menggunakan strategi herd immunity.

"Pertanyaannya apakah kita pakai itu? Jawabannya tidak," ujar Yuri. Ia juga memastikan, ke depannya strategi tersebut tidak akan digunakan. "Tidak, tidak (ke depannya tidak digunakan)," lanjut dia.

Bantahan yang sama juga disampaikan pihak Istana melaluiTenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral. Donny menegaskan, rencana pemerintah melakukan relaksasi PSBB bukan bertujuan untuk memunculkan kekebalan kelompok. "Tidak benar akan ada herd immunity karena protokol kesehatan tetap dilakukan. Ketika orang berada di luar pun nanti ketika pelonggaran, tidak serta merta orang keluar rumah tanpa pakai masker, berkerumun, dan tidak menjaga jarak," kata Donny, seperti diberitakan , 13 Mei 2020.

Sementara itu, ahli epidemiologi Pandu Riono berpandangan, penerapan new normal tidak bisa diartikan sebagai upaya menerapkan strategi herd immunity . Ia mengatakan, herd immunity dan istilah new normal yang digulirkan oleh pemerintah adalah dua hal yang berbeda. "Kalau new normal kan kalau nanti sudah dikurangi pembatasannya, maka kita akan mengadopsi perilaku hidup yang berbeda agar menekan risiko penularan virus, seperti selalu pakai masker, dan lain lain. Itu pun akan dilakukan bertahap setelah pesyaratan pelonggaran terpenuhi," kata Pandu.

Ia tak yakin pemerintah akan menempuh opsi herd immunity . Apa alasannya? "Kalau memang ada pembiaran secara sistematik agar banyak masyarakat terinfeksi, ya bisa dianggap seperti itu. Tetapi, itu tidak mungkin karena herd immunity hanya terjadi bila lebih dari 70 80 persen penduduk indonesia terinfeksi dan punya imunitas yang berhasil hidup," kata Pandu Riono. Pandu mengatakan, adanya spekulasi terkait herd immunity muncul karena tidak ada edukasi pada masyarakat.

Hal ini membuat masyarakat lebih mudah dihasut dengan isu yang belum tentu benar.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*