Jelang Tes Skd Sekolah Kedinasan 2019 Bkn Bagi Kisi Kisi Dan Strategi Jawab Soal Tkp Agar Lolos Ujian

Badan Kepegawaian Negara (BKN) membongkar kisi kisi soal seleksi kompetensi dasar (SKD) jelang pelaksanaan tes sekolah kedinasan 2019. Seleksi kompetensi dasar (SKD) sekolah kedinasan 2019 akan dilaksanakan mulai pekan depan pada Senin (17/6). Kendati demikian, untuk mengetahui jadwal pasti pelaksanaan tes SKD Sekolah Kedinasan 2019 maka peserta bisa mengaksesnya melalui situs instansi yang dipilih.

Laporan Kompas.com, terdapat 6 sekolah kedinasan yang akan melaksanakan tes SKD mulai pekan depan yakni Sekolah Tinggi Sandi Negara, Poltekip. IPDN, STAN, STMKG dan Kemenhub. Jelang detik detik pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) sekolah kedinasan 2019, BKN membagikan kisi kisi soal seleksi dan beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Pertama tama, BKN menghimbau bagi peserta tes SKD Sekolah Kedinasan 2019 untuk datang tepat waktu sebelum ujian berlangsung.

Selain itu, BKN menginformasikan sebaiknya peserta tes SKD Sekolah Kedinasan 2019 melakukan sarapan terlebih dahulu sebelum pelaksanaan tes. Setelah memberikan himbauan hal penting yang harus diperhatikan, BKN pun membocorkan kisi kisi soal SKD Sekolah Kedinasan 2019. BKN mengungkapkan, soal SKD Sekolah Kedinasan 2019 serupa dengan tes CPNS 2018 untuk formasi SMA.

Menurut BKN, tipe soal SKD Sekolah Kedinasan 2019 akan berjenis High Order Thingking Skills (HOTS) sehingga peserta harus menggunakan mindset sebagai PNS saat menjawab soal Tes Kepribadian (TKP) yang menjadi bagian dari soal SKD tersebut. Untuk itu, BKN menghimbau agar peserta tes SKD Sekolah Kedinasan 2019 alias SekDin untuk fokus saat mengerjakannya. "Minggu depan akan mulai dilaksanakan SKD #SekDin2019. Siapkan segala sesuatunya, datang ke lokasi lebih awal, jgn lupa sarapan dulu.

Soal SKD serupa #CPNS2018 u/ SMA. Tipe soal HOTS (High Order Thinking Skills), pakai midset PNS saat jawab TKP. Fokus, semangaaaatttt," tulis @BKNgoid. Untuk berhasil lolos seleksi dan masuk sekolah kedinasan 2019, peserta juga perlu memperhatikan passing grade atau nilai ambang batas yang telah ditetapkan BKN.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 6 Tahun 2019 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sekolah Kedinasan, Berikut passing grade di seleksi sekolah kedinasan 2019: 1. Nilai 75 untuk TWK 2. Nilai 80 untuk TIU

3. Nilai 143 untuk TKP Calon mahasiswa baru di beberapa sekolah kedinasan yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dapat mengikuti ujian berbasis komputer ( CAT) Badan Kepegawaian Negara ( BKN). Pada 2019, sebanyak delapan instansi/lembaga memberikan kesempatan kepada siswa lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan studi ke sekolah sekolah milik pemerintah.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, seleksi CAT BKN dilaksanakan di 14 Kantor Regional BKN dan 16 UPT BKN. Meski demikian, terdapat beberapa sekolah kedinasan yang menyiapkan fasilitas secara mandiri. "Soal menggunakan SKD CPNS 2018 untuk tingkat SMA. Untuk STAN seluruhnya memakai fasilitas mandiri milik STAN, tetapi sistem tetap memakai CAT BKN. Untuk IPDN, sebagian mandiri, sebagian yang lain tetap di BKN," kata Ridwan saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/6/2019) sore.

Meskipun beberapa sekolah kedinasan telah melakukan ujian CAT pada Mei lalu, masih ada 6 instansi/lembaga pemerintah yang akan menyelenggarakan tes. Adapun jadwal seleksi 6 sekolah kedinasan itu sebagai berikut: Badan Siber dan Sandi Negara (Sekolah Tinggi Sandi Negara/STSN) pada 17 18 Juni 2019

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Poltekip/Poltekim) pada 18 22 Juni 2019 Kementerian Dalam Negeri (Institus Pemerintahan Dalam Negeri/IPDN) pada 24 Juni 1 Juli 2019 Kementerian Keuangan (Politeknik Keuangan Negara STAN) pada 3 13 Juli 2019.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi Geofisika/STMKG) pada 9 13 Juli 2019 Kementerian Perhubungan pada 1 3 Juli 2019 dan 22 23 Juli 2019 Untuk jawdal tes masing masing peserta, dapat diakses melalui situs resmi instansi yang dipilih.

Ridwan menegaskan, BKN telah berkoordinasi dengan instansi sekolah kedinasan terkait. "Infrastuktur, SDM BKN, semuanya sudah siap," ujar dia. Peserta yang akan mengikuti ujian, lanjut Ridwan, dapat mempersiapkan diri dengan berlatih soal di situs cat.bkn.go.id.

Peserta dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum memulai simulasi tes CAT BKN.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*