Jurnalis Nakita.id dari Grid Network Kompas Gramedia Terpilih Jadi Duta Bahasa Favorit Jateng 2019

Bahasa menjadi salah satu alat penting dalam berkomunikasi sehari hari. Di tengah gempuran globalisasi, masyarakat Indonesia saat ini pun mulai mengejar agar tak tertinggal. Bahasa asing pun makin sering digaungkan dengan dalih agar selalu jadi yang terdepan.

Para orangtua di kota besar bahkan lebih memilih menyekolahkan anak anaknya di sekolah internasional. Bahasa ibu atau bahasa nasional Indonesia pun mulai terpinggirkan karenanya. Namun, sebagai orangtua, Moms bisa terus membuat anak tetap berada pada jalurnya dan tak lupa dari mana dirinya berasal.

Pasalnya, orangtua terutama Moms adalah sekolah pertama bagi anak anak dalam banyak hal, termasuk pembelajaran bahasa. Bagaimana anak menggunakan bahasa sehari hari merupakan representasi anak terhadap orang tuanya. Untuk membantu melaksanakan tujuan pemerintah dan Indonesia akan pentingnya mengutamakanbahasa Indonesia, orangtua harus selalu memberi contoh dan pendampingan pada anak tentang bagaimana penggunaan bahasa Indonesia.

Seperti yang kita tahu, anak cenderung akan meniru banyak hal yang dilakukan orang tuanya di rumah. Menggunakan bahasa penutur yakni bahasa Indonesia, menjadi cara paling mudah yang bisa Moms lakukan untuk Si Kecil. Kebiasaan penggunaan bahasa di lingkungan terdekat akan membuat anak anak sadar bertapa pentingnya menggunakan bahasa Indonesia, terlebih dalam komunikasi sehari hari.

Pentingnya bahasa Indonesia ini membuat pemerintah mencari sosok yang dapat dijadikan panutan untuk anak anak nantinya. MelaluiKementerian Pendidikan Republik Indonesia melalui Balai Bahasa Jawa Tengah, pemerintah memilih putra putri terbaik dalam ajang Duta Bahasa Jawa Tengah untuk membantu mencanangkan aturan yang tertuang dalam undang undang,sebagaimana mestinya. 2019 ini, Balai Bahasa Jawa Tengah (BBJT) memilih 20 pasang putra putri terbaik di Jawa Tengah sebagai finalis Duta Bahasa Jawa Tengah 2019.

Melalui ajang ini, diharapkan bahasa Indonesia semakin bermartabat di tangan para generasi penerus bangsa. Sehingga bahasa Indonesia nantinya harus jadi tuan rumah, di negeri sendiri. Ikut peduli akan pelestarian bahasa Indonesia sebagai bahasa harian, jurnalis Nakita.id dari Grid Network Kompas Gramedia pun turut serta menjadi salah satu Duta Bahasa Jawa Tengah 2019.

Bahkan, Cynthia Paramitha Trisnanda terpilih menjadi juara favorit dalam ajang ini, Moms. Pada final yang dilangsungkan Sabtu (13/7/2019) pagi tadi di Hotel Harris Solo, Cynthia sebagai wakil dari Kota Surakarta berhasil maju menjadi 6 besar Duta Bahasa Jawa Tengah 2019. Setelahnya, ia pun dinyatakan menjadi Duta BahasaFavoritJawa Tengah 2019.

Dengan ikut sertanya Cynthia menjadi Duta Bahasa ini, ia pun ikut kembali menggaungkanbahasa Indonesiasebagai bahasa ibu yang penting kita gunakan sehari hari untuk berkomunikasi.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*