Kementerian Pertanian Umumkan Hasilnya Hari Ini Cara Cek Hasil Seleksi Adminisrasi CPNS 2019

Beberapa waktu yang lalu, pendaftaran CPNS baru saja resmi ditutup, sebelumnya pendafataran CPNS dikabarkan terakhir akan menutup pendaftarannya pada tanggal 7 Desember 2019. Hasil Seleksi Administrasi CPNS dikabarkan akan segera diumumkan, dijadwalkan pengumuman hasil seleksi administrasi dikabarkan akan diumumkan pada tanggal 10 Desember 2019. Namun sebelum mengumumkan hasil seleksi administrasi, beberapa instansi melakukan verifikasi data pelamar CPNS terlebih dahulu.

Melalui postingan Twitter pada Rabu (3/12/2019) pada pukul 22.30 WIB, BKN meminta seluruh instansi untuk secara berkala dan transparan menginformasikan kemajuan proses verifikasi data CPNS 2019. Dilansir Twitter , pengumuman ini disampaikan melalui siaran pers BKN Nomor: 090/RILIS/BKN/XII/2019, yang berisikan imbauan untuk menginformasikan data terbaru CPNS 2019. Untuk melihat progres dari proses verifikasi data pada setiap instansi, para pelamar dapat melihat melalui link ini.

Hal ini disampaikan melalui akun resmi media sosial Twitter dan juga . Pada data keterangan progres verifikasi data, sebagian besar data telah rampung di verifikasi oleh setiap instansi. Beberapa Instansi juga dikabarkan akan segera merilis pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2019 besok pada 12 Desember 2019.

Satu diantaranya adalah Kementerian Pertanian, yang diakabarkan akan mengumumkan hasil seleksi Administrasi hari ini Kamis 12 Desember 2019. Sebelumnya Kementerian Pertanian dijadwalkan akan umumkan hasil seleksi administrasi pada tanggal 10 Desember 2019. Namun kemudian untuk menindaklanjuti Surat Edaran BKN Nomor K26 30/V205 4/99 perihal Jadwal Pelaksanaan Seleksi Penerimaan CPNS Tahun 2019, beritahukan bahwa .

Seleksi Administrasi merupakan satu dari tiga tahapan seleksi penerimaan CPNS 2019 selain Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Untuk mengecek hasil lolos atau tidaknya pelamar CPNS 2019 dapat mengecek hasil melalui portal resmi SSCASN. Dikutip dari , Plh Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, untuk mengecek lolos atau tidak login di portal SSCASN dilakukan berdasarkan jadwal pengumuman setiap instansi.

Jika pelamar dinyatakan , maka akan muncul keterangan, 'Selamat Anda Lulus'atau mendapat tulisan " ". Jika peserta lolos seleksi administrasi maka akan muncul perintah atau keterangan untuk melakukan pencetakan kartu peserta ujian. Sedangkan apabila pelamar dinyatakan akan muncul keterangan, 'Maaf Anda Tidak Lulus' atau mendapat tulisan " ".

Disebutkan, pernyataan lolos atau tidak pada Seleksi Administrasi nanti akan disertai alasannya. Anda akan diberikan tombol untuk menyanggah, jika ingin menyangga hasil seleksi, namun Anda tetap tidak diperbolehkan untuk memasukkan dokumen baru. Demikian peserta atau pelamar dapat mengetahui kekurangan atau kesalahan saat mendaftar.

Adapun bagi peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Administrasi CPNS 2019, selanjutnya akan mendapatkan informasi lanjutan mengenai jadwal seleksi. Dijelaskan Mohammad Ridwan, selain itu untuk mengetahui lolos atau tidaknya setiap instansi akan menyediakan informasi melalui website dan media sosial. Ada beberapa hal yang dipertimbangkan dalam menyeleksi adminsitrasi data pelamar CPNS oleh verifikator, dikutip dari , berikut ini adalah 6 hal yang dipertimbangkan dalam proses seleksi administrasi data pelamar CPNS 2019:

1. Kejelasan dokumen Artinya dokumen tidak buram, dan dapat dilihat dengan jelas. Sehingga dapat diklarifikasi antara satu dokumen dengan lainnya. 2. Nilai IPK Harus Terlihat

Nilai IPK dalam transkrip nilai juga mesti terlihat. Hal ini untuk melihat apakah IPK sesuai persyaratan atau tidak. 3. Foto KTP Harus Jelas Foto KTP juga harus jelas untuk dicocokkan dengan pas foto berlatar belakang merah yang juga diupload peserta.

4. Pas foto harus jelas Pas foto berlatar belakang merah juga harus jelas. 5. Nomor ijazah

Nomor ijazah juga harus kelihatan dengan jelas. 6. Akreditasi Bagian akreditasi kampus juga harus jelas.

Bagi pelamar yang dinyatakan lolos, diwajibkan untuk mengikuti tes seleksi berikutnya yaitu SKD dan SKB sesuai jadwal yang disampaikan pada pengumuman hasil seleksi. Sementara bagi pelamar yang belum lolos seleksi administrasi, bisa melakukan sanggahan. Pelamar diberikan waktu sanggah maksimal tiga hari setelah pengumuman dan instansi diberikan waktu maksimal tujuh hari untuk menjawab sanggahan tersebut.

Bagi pelamar yang ingin menyanggah hasil seleksi administrasi CPNS 2019 diberi waktu pada 16–19 Desember dan kemudian dilanjutkan dengan pengumuman masa sanggah pada 26 Desember. Sanggah bisa dilakukan jika dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pada Seleksi Administrasi CPNS 2019. Masa sanggah CPNS 2019 adalah waktu atau masa yang diberikan kepada peserta CPNS untuk memberikan sanggahan atau protes terkait hasil seleksi administrasi.

Lalu bagaiamana cara mengajukan sanggahan apabila gagal di seleksi administrasi CPNS 2019? Cara mengeceknya dapat langsung masuk ke website masing masing instansi. Atau dapat pula dengan login menggunakan NIK dan password di .

Setelah Anda mendapatkan pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2019, Anda dapat memilih tombol sanggahan. Pelamar hanya dapat menyanggah kesalahan dokumen, namun Anda tidak dapat memasukkan dokumen baru. Kalian hanya bisa memberi alasan di dokumen yang menjadi kesalahan kalian sehingga tidak lulus seleksi administrasi.

Nantinya formulir sanggah akan berbentuk seperti di bawah ini : Untuk mengetahui jumlah saingan pelamar pada Instansi dan formasi yang dilamar, anda bisa megecek melalui . Seleksi CPNS menggunakan sistem online yang mumpuni dengan Computer Assisted Test (CAT) yaitu semua data dan informasi tes diolah secara langsung melalui sistem komputer.

Tes untuk seleksi CPNS setelah lolos seleksi administrasi adalah terdiri dari SKD dan SKB. Untuk mendukung suksesnya seleksi CPNS 2019, beberapa daerah mulai menyediakan simulasi CAT CPNS 2019 bagi para pendaftar yang telah mendaftar di akun SSCN. BKN menyediakan akses untuk latihan belajar dan berlatih mengerjakan soal dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test atau CAT ini.

Untuk dapat mengikuti simulasi, kamu harus mengunjungi laman CAT BKN, guna melakukan pendaftaran akun, lalu kamu baru bisa mencoba simulasi tes CPNS secara online ini. Layanan simulasi CAT ditujukan kepada warga yang sudah mendaftar CPNS 2019 dan ingin mencoba atau berlatih mengerjakan soal. Selain itu, di beberapa darah juga sudah membuka adanya layanan simulasi CAT CPNS ini, sebagai fasilitas pendukung CPNS 2019.

Untuk seluruh pelamar CPNS sebaiknya mempersiapkan diri dan selalu mengikuti update kabar terbaru dari website resmi instansi yang dilamar serta portal resmi tentang seleksi CPNS 2019.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*