Kini Sudah 60 Kg & Dianggap Seperti Anak Sendiri Kisah Halimah Rawat Ular Sekecil Jari Kelingking

Memelihara anjing atau kucing sudah jadi hal biasa bagi para keluarga. Tapi bagaimana jika memelihara ular sebesar paha orang dewasa? Tentu tidak semua keluarga siap menerima risiko memelihara satwa berbahaya itu.

Tapi tidak bagi Halimah Abdullah. Warga dari Rancangan Kemajuan Tanah (RKT) Kesedar Jeram Tekoh, Malaysia, ini justru sudah akrab dengan hewan berdarah dingin itu seperti anak sendiri. Halimah pun menamai ular peliharaannya itu dengan nama Miko.

Halimah ingat betul ketika pertama bertemu Miko, besarnya masih se jari kelingking. Ular itu dibeli anaknya dari Kuala Lumpur seharga kurang lebih Rp 500 ribuan. "Putraku membeli Miko di Kuala Lumpur seharga RM150. Saat itu besarnya sejari kelingking dan hanya bisa makan serangga seperti kecoak," tutur Halimah.

Kini usia Miko sudah lima tahun. Halimah menunjukkan jika bobot Miko bahkan sudah mencapai 60 kilogram dan panjangnya mencapai 5 meter. "Kini beratnya mencapai 60 kilogram (kg) dan panjangnya lima meter."

"Saya menempatkannya di dalam sangkar yang dibuat khusus di luar rumah," ucap dia. Lalu apa makanan Miko sehari hari. Ternyata Halimah merogoh kocek cukup dalam untuk peliharaannya satu ini.

Halimah juga mengaku selama lima tahun, Miko tak menunjukkan sikap agresif atau mengancam kepada diri atau keluarganya. "Kini Miko makan empat ekor ayam setiap dua minggu sekali. Alhamdulillah, lima tahun memelihara Miko, hewan ini tidak pernah agresif," katanya. Halimah sendiri diketahui sudah memperoleh lisensi untuk memelihara Miko dari pemerintah Malaysia.

Untuk menjaga peliharaannya itu, Halimah bahkan memasang sebuah chip. Chip mikro itu dipasang di tubuh Miko sehingga apabila ia hilang sewaktu waktu bisa dilacak. Ada pula cerita lucu Halimah tentang Miko.

Dulu ia kerap memandikan Miko layaknya anak sendiri. Tapi karena bobot Miko kini sudah mencapai bobot normal orang dewasa, ia kewalahan. "Dulu, saya sendiri bisa memandikan Miko, tetapi sekarang saya membutuhkan bantuan anak anak karena ular itu sudah kelebihan berat badan," kata dia.

Halimah ternyata juga belum mengetahui jenis kelamin Miko. "Kami sendiri belum tahu jenis kelamin Miko." "Saya tidak berencana memelihara hewan peliharaan, hanya Miko yang menjadi teman dan mainan keluarga kami," pungkasnya.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*