Konsorsium Covid-19 Serahkan Mobile Handwasher & Hand Sanitizer kepada BNPB

Konsorsium Covid 19 yang dibentuk Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) saat ini telah menyerahkan hasil penelitiannya kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Menristek sekaligus Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro menyampaikan sejumlah alat pendukung kesehatan yang telah dikembangkan oleh konsorsium tersebut. Hasil penelitian ini diserahkan langsung kepada Kepala BNPB sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Doni Monardo di Kantor BNPB, Jakarta Pusat, Senin (6/4/2020) sore.

Yang pertama diserahkan adalah 10 unit mobile handwasher. "Pada hari ini kami menyerahkan kepada Kepala BNPB yaitu pertama, mobile handwasher sebanyak 10 unit," ujar Bambang, dalam video conference yang disiarkan Youtube channel Kemenristek/BRIN. Produk ini, kata dia, akan membantu menunjang kegiatan masyarakat pada fasilitas publik agar tetap terjaga kebersihannya.

Mobile handwasher ini dikembangkan oleh lembaga kaji terap (jirap) yang berada di bawah koordinasi Kemenristek/BRIN, yakni Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). "(Ini) nantinya akan ditaruh di tempat tempat yang (ada) kegiatan, yang artinya warganya atau masyarakatnya membutuhkan tempat untuk cuci tangan. Dan ini sudah dibuat, dikembangkan oleh BPPT," jelas Bambang. Lalu yang kedua adalah hand sanitizer yang dikembangkan oleh BPPT dan lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) yakni Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Hand sanitizer ini berbentuk gel dan memiliki kandungan yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit, serta menjaga agar kulit tetap lembab. "Kemudian LIPI dan BPPT bersama sama mengembangkan hand sanitizer berbahan gel dan juga mengandung pelembab kulit, sehingga tidak membuat kulit kita menjadi kering," kata Bambang. Terkait hand sanitizer ini, Bambang menyebut ada 4 ribu botol dengan isi masing masing 200 mililiter (ml) yang telah diserahkan.

"Ada 4 Ribu botol yang akan dibagikan, per botolnya 200 mililiter," papar Bambang. Dalam upaya untuk menghasilkan produk penelitian ini, Konsorsium Covid 19 turut mendapatkan dukungan pula dari Danone Indonesia yang menyumbang botol untuk menjadi wadah cairan hand sanitizer. "Kami juga ingin memberikan rasa terima kasih kepada Danone Indonesia yang sudah menyumbangkan botol untuk wadah dari hand sanitizer ini," pungkas Bambang.

Dalam agenda penyerahan hasil penelitian Konsorsium Covid 19 kepada BNPB, turut hadir pula Kepala BPPT Hammam Riza serta Kepala LIPI Laksana Tri Handoko.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*