Kota Phanagoria Dijuluki Atlantis Rusia 7 Kota Kuno yang Ditemukan di Dasar Laut

Bicara tentang kota bawah laut, pasti banyak yang langsung menyebut kota Atlantis. Keberadaan kota Atlantis masih menjadi misteri hingga saat ini. Selain Atlantis, ada beberapa kota bawah laut lainnya yang menarik untuk diketahui.

Kota yang pernah berjaya di masanya ini berubah menjadi reruntuhan yang terendam di dasar laut. Arkeolog Prancis Franck Goddio sedang mencari kapal perang Prancis abad ke 18 di lepas pantai Mesir di Laut Mediterania ketika ia menemukan sesuatu yang jauh lebih spektakuler. Goddio melihat wajah raksasa di kedalaman dan menyadari ia telah menemukan kota Thonis Heracleion yang hilang.

Kota ini dulunya satu kota pelabuhan paling kuat di dunia, mengendalikan semua perdagangan yang masuk ke Mesir. Namun setelah berbagai bencana alam, Heracleion tenggelam sekira abad ke 8. Sejak penemuan Goddio pada 2000, 64 kapal, 700 jangkar, patung setinggi 16 kaki, koin emas, dan sisa sisa kuil bagi dewa Amun telah ditemukan di antara reruntuhan bawah air.

Juga digali oleh Goddio, kota kuno Mesir ini tenggelam selama lebih dari 1.000 tahun. Beberapa peneliti percaya bencana alam yang mengirim Canopus dan Heacleion ke dasar laut. Jean Daniel Stanley, seorang geoarchaeologist dengan Smithsonian Institution di Washington, DC, percaya banjir besar Sungai Nil menjadi penyebab utama.

Banjir, katanya, memicu tenggelamnya kota kota dengan mengubah tanah di bawahnya menjadi lumpur cair. Keruntuhan itu tidak terduga dan merupakan bencana, kata Stanley kepada National Geographic . "Kami tahu," katanya, "karena di kedua tempat itu kami telah menemukan emas dan perhiasan, yang, jika masih memiliki waktu, orang orang pasti akan ikut membawa mereka ketika melarikan diri."

Kota Yunani kuno terbesar di tanah Rusia, Phanagoria adalah kota perdagangan yang berkembang pesat. Phanagoria bertahan selama lebih dari 15 abad, lapor The International Review of Ancient Art & Archaeology Magazine , dan bertahan dalam perang dan invasi. Meskipun kota kota lain dibangun di atas reruntuhannya, akhirnya lebih dari sepertiga kota itu tenggelam.

Sering disebut sebagai " Atlantis Rusia ," Phanagoria pertama kali dieksplorasi pada abad ke 18 tetapi tidak digali dengan sungguh sungguh sampai 1930 an. Temuan terbaru termasuk koin, vas, tembikar, patung patung terakota, perhiasan dan barang barang logam. Diperkirakan berumur sekira 5.000 tahun, permukiman Pavlopetri Yunani yang tenggelam berasal dari zaman Homer. Meskipun ditemukan lebih dari 50 tahun yang lalu, baru pada 2009 para peneliti mulai serius menggali harta karunnya, lapor the Guardian .

"Sekarang tidak ada keraguan jika Pavlopetri adalah kota terendam tertua di dunia," kata Dr. Jon Henderson, associate professor arkeologi bawah air di University of Nottingham. "Pavlopetri berasal dari 2800 hingga 1200 SM, jauh sebelum masa kejayaan Yunani klasik. Ada situs situs cekung yang lebih tua di dunia, tetapi tidak ada yang dapat dianggap sebagai kota yang direncanakan seperti ini, yang mengapa itu unik." Tanah ini milik perompak yang terkenal jahat dan dulunya dikenal sebagai "kota paling jahat di Bumi."

Port Royal berpusat pada perdagangan budak, ekspor gula dan bahan baku. Namun, menurut UNESCO , "Pada puncak kekayaannya yang berkilauan, pada 7 Juni 1692, Port Royal hancur oleh gempa bumi dan dua pertiga kota tenggelam ke laut." Hanya dalam beberapa menit, hampir 2.000 orang meninggal, dan 3.000 orang kemudian meninggal karena cedera.

Satu satunya kota yang tenggelam di Belahan Barat, Port Royal menawarkan sudut pandang yang unik karena memiliki bangunan baik di darat maupun di air. Kota Alexandria didirikan oleh Alexander Agung pada 331 SM. Iisi dengan istana dan kuil, arsitektur dan budaya Alexandria menaungi bahkan kota besar Roma, tulis Goddio.

Kota ini adalah ibu kota budaya, agama, politik, dan ilmu pengetahuan, dan akhirnya termasuk wilayah kerajaan tempat Ratu Cleopatra, Julius Caesar, dan Marc Antony tinggal. Namun bencana melanda, kombinasi gempa bumi dan gelombang pasang surut mengirim banyak istana Cleopatra ke laut. Selama lebih dari 1.200 tahun, reruntuhan tetap tak tersentuh di dasar laut.

Goddio dan tim arkeolog dan sejarawan telah menggunakan teknologi canggih untuk menjelajahi daerah tersebut sejak 1992. Mereka telah menggali apa yang disebut sebagai satu situs arkeologi bawah laut terkaya di dunia. Sebuah monumen yang digali di Pulau Antirhodos di pelabuhan timur Alexandria mungkin berdiri di sana selama masa pemerintahan Cleopatra. Pada 1959, kota Shicheng (yang berarti "kota singa") sengaja ditenggelamkan untuk memberikan ruang bagi pembangunan pembangkit listrik tenaga air.

Kota itu berusia 1.339 tahun. Lebih dari 300.000 orang yang harus dipindahkan. Kota terpelihara dengan baik dengan banyak patung dan lima gerbang masuk adalah kapsul waktu dari periode dan terbuka untuk penyelam .

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*