Larangan Masuk menuju Belanda Termasuk WNI Pemilik Visa Schengen

Otoritas Belanda mengeluarkan aturan ketat terkait izin masuk ke Belanda. Disampaikan melalui unggahan akun Instagram @safetravel.kemlu, ketentuan ini berlaku sejak Kamis (19/3/2020) pukul 18.00 waktu setempat. Dalam unggahan tersebut, Pemerintah Belanda telah mengambil keputusan untuk memperketat persyaratan masuk bagi orang orang yang melakukan perjalanan ke Belanda.

Larangan itu berlaku bagi semua turis yang memiliki visa perjalanan ke Belanda. Belanda mengeluarkan larangan perjalanan untuk semua turis yang tidak memiliki kepentingan masuk ke negara ketiga Eropa (semua negara anggota UE, semua anggota Schengen, dan Inggris). Kebijakan ini dibuat untuk mencegah penyebaran virus corona (covid 19).

Semua kebijakan yang dibuat berdasarkan Pasal 6 Kode Schengen ayat 1 (e). Aturan pembatasan perjalanan tersebut diberlakukan mulai 19 Maret 2020 sampai 30 hari ke depan, dan tentu saja dapat diperpanjang jika diperlukan. Sementara itu, bagi WNI yang memiliki visa schengen yang masih aktif sekalipun akan dilarang melakukan perjalanan ke Belanda.

WNI diimbau untuk menunda perjalanan ke Belanda sampai batas waktu tertentu. Menurut informasi dalam unggahan tersebut, bagi turis pemilih visa yang masuk dalam kategori pengecualian dan memiliki sertifikat kesehatan dari negara asal juga dilarang memasuki Belanda. Pemerintah Belanda tidak menerima bukti sertifikat kesehatan di perbatasan meskipun dikeluarkan resmi oleh negara turis tersebut.

Lalu adakah pengecualian khusus bagi turis agar bisa masuk ke Belanda? Pembatasan perjalanan Belanda tidak berlaku untuk kategori orang berikut ini: 1. Warga Negara UE (termasuk warga negara Inggris) dan anggota keluarga mereka

2. Warga Negara Norwegia, Islandia, Swiss, Liechtenstein, dan anggota keluarga mereka 3. Warga negara ketiga yang memegang kartu tempat tinggal atau izin tinggal sesuai arahan 2003/109/E (arahan LTR) 4. Warga negara ketiga yang memperoleh hak tempat tinggal dari Arahan Eropa lainnya atau dari hukum nasional Negara Anggota

5. Pemegang visa jangka panjang termasuk orang orang pemilik MVV alias visa izin tinggal sementara 6. Orang lain dengan fungsi atau kebutuhan penting termasuk:

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*