Lewat Deklarasi Riding Culture, Produsen Ban Ini Ajak Bikers Lebih Empatif di Jalan Raya

Seperti dilakukan produsen ban sepeda motor FDR. Lewat kegiatan Deklarasi Riding Culture, produsen ban motor ini mengajak para pengendara sepeda motor dari kalangan komunitas bikers berisikap lebih empatif saat mengendarai motornya di jalan raya, termasuk saat menggelar touring bersama. Deklarasi FDR Riding Culture ini dilakukan di sela acara FDR Day 2019 di Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (9/3/2019). Chamilus Ali Santo, Direktur Marketing PT Surayaraya Rubberindo Industries, produsen ban FDR mengatakan,FDR Riding Culture mengusul 3 nilai utama, yaitu Safe, Care dan Respect atau keselamatan, kepedulian dan saling menghormati.

Aspek safety atau keselamatan bermakna, saat sedang berkendara kita harus senantiasa mengutamakan keselamatan berkendara, baik keselamatan diri kita sendiri, begitu juga pengguna jalan lainnya. Sementara, aspek care adalah sikap selalu peduli terhadap sesama maupun lingkungan hidup. "Contoh paling sederhana dalam menunjukkan kepedulian kita terutama saat berkendara adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Banyak dari kita yang suka lupa naik motor sambil makan minum lalu kemasannya dibuang begitu saja di pinggir jalan,” Chamilus mencontohkan. Terakhir adalah respect yang bermakna sikap saling menghormati terhadap pengguna jalan lainnya. "Menjadi hal yang sangat penting bagi kita pengendara motor untuk menghargai pengguna jalan lain, memberi jalan bagi yang lebih membutuhkan seperti ambulance atau pemadam kebakaran," ungkap Chamilus.

Chamilus menambahkan, deklarasi FDR Riding Culture ini juga bagian dari FDR untuk berpartisipasi menyukseskan Millenial Road Safety Festival yang diadakan kepolisian. Sebelum acara deklarasi FDR Riding Culture, FDR mengajak 15 bikers dari sejumlah komunitas motor untuk menerapkan nilai 'care' atau peduli terhadap lingkungan dengan mengajak mereka bergabung di kegiatan penanaman pohon bakau dan upaya pelestarian terumbu karang pesisir pantai Malang Selatan, Sabtu (9/3/2019). Masih dalam rangkaian FDR Day 2019,Taufik Nugraha dari bagian corporate social responsibility FDR mengatakan, pihaknyajuga menggelar kegiatan CSR berupa penyerahan donasi 600 buku untuk siswa sekolah di Malang dan sekitarnya yang membutuhkan bantuan.

Serupa dengan kegiatan deklasi FDR Riding Culture ini FDR juga pernah menggelar edukasi ke kalangan pelajar SMU lewat kegiatan 'Youth Ride To Safety yang digelar pada 2018 lalu. Di kegiatan ini, FDR mengajak sejumlah siswa dan guru mempraktikan cara naik motor yang aman.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*