Lihat Kode Meter Listrikmu! Ketahui Apakah Kamu dapat Token Gratis atau Diskon 50 Persen

Pembebasan biaya listrik selama 3 bulan dan diskon 50 persen tarif listrik sudah bisa didapatkan oleh masyarakat. Penggratisan listrik dan diskon itu sebagai insentif untuk warga terdampak wabah Covid 19. Sesuai dengan keterangan Presiden Joko Widodo (Jokowi), tarif listrik gratis selama tiga bulan diberikan kepada pelanggan dengan daya 450 VA yang jumlahnya sebanyak 24 juta pelanggan.

Sedangkan diskon 50 persen diberikan untuk pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi yang jumlahnya sebanyak 7 juta pelanggan. Dengan demikian, dipastikan tidak semua pelanggan bisa mendapatkan listrik gratis dan diskon 50 persen. Lantas, bagaimana cara mengetahui apakah pelanggan mendapatkan listrik gratis atau tidak?

Caranya mudah. Lewat akun instagramnya, @pln id, Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan cara mengecek apakah listrik di rumahmu mendapat gratis atau diskon. Berikut panduan yang diberikan PLN:

1. Cek struk pembayaran sebelumnya 2. Lihat pada kolom 3. Jika tertera kode , maka Anda berhak mendapatkan gratis listrik atau diskon.

Namun, jika pada kolom kodenya adanya /900, maka dipastikan Anda tidak akan mendapat gratis atau diskon. Untuk mendapatkan token gratis atau diskon, PLN memberikan dua cara yakni melalui WhatsApp atau mengakses website resmi PLN, pln.co.id . Berikut panduan cara mendapat token dan diskon sebagaimana diinformasikan PLN:

1. Chat WhatsApp ke 08122 123 123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan. 2. Setelah itu, token gratis akan muncul 3. Masukkan Token Gratis tersebut ke meteran sesuai ID Pelanggan

1. Masuk ke laman www.pln.co.id 2. Klik menu Pelanggan dan langsung pilih Stimulus Covid 19 3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter

4. Token Gratis akan ditampilkan di layar 5. Masukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan Setelah PLN memberikan cara akses token gratis, masyarakat pun beramai ramai mengakses layanan yang disediakan untuk mendapatkan token gratis dan diskon.

Hal ini membuat layanan akses token gratis dan diskon yang disediakan PLN mengalami kendala. Layanan WhatsApp yang disediakan hanya centang satu, sementara website PLN sempat sulit diakses. Wakil Dirut PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan alasan fasilitas mendapatkan token listrik via WhatsApp belum bisa diakses hingga hari ini.

Darmawan menyebut, pihak pengelola WhatsApp tengah melakukan perbaikan server untuk mengantisipasi melonjaknya traffic di hari hari mendatang. "WA hari ini sedikit bermasalah, bukan dari pihak PLN nya. Tapi dari pihak WA nya." "Mereka sedang meng upgrade servernya karena traffic akan sangat tinggi," katanya dikutip dari channel YouTube BNPB, Jumat (3/4/2020).

Ia menginformasikan, fasilitas WhatsApp token gratis dan diskon akan siap digunakan mulai hari Senin 6 April 2020 mendatang. Dalam kesempatan tersebut, Darmawan membeberkan skenario pelaksanaan pembayaran listrik 3 bulan ke depan, "Untuk 450 VA pascabayar, jangan khawatir rekening listriknya automatis gratis nanti di akhir bulan."

"Untuk 450 VA prabayar atau token. Maka di sini setiap bulan PLN akan memberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertingi selama tiga bulan terakhir, " ujarnya. Darmawan melanjutkan penjelasannya. "Untuk 900 VA pascabayar bersubsidi, jangan khawatir nanti rekening listriknya dibayar 50% di akhir bulan, automatis didiskon sebesar 50 %. Dan saya tekanan untuk R1 khusus yang bersubsidi."

"Untuk 900 VA prabayar bersubsidi akan diberikan token gratis 50 %, dihitung pemakaian tertinggi di 3 bulan terakhir," urainya. Sedangkan untuk pelanggan prabayar yang ingin mendapatkan token tinggal mengubungi nomor WhatsApp 08122123123 dengan mengetik kata apapun. Kemudian pelanggan akan mendapatkan balesan berupa kode token yang nantinya dimasukkan di meteran KWH.

"Di situ ketik apa aja akan mendapat balasan kemudian dimasukan id pelanggan akan ada kode token listrik gratis yang bisa dimasukan di KWH meter untuk mendapatkan diskonnya atau gratisnya," kata Darmawan.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*