Manfaat & Gizi dari Telur Benarkah Bisa Cegah Virus Corona

Mewabahnya virus corona di Indonesia, semakin banyak pula informasi yang beredar di masyarakat. Khususnya bagaimana cara menangkal virus corona atau covid 19 ini. Beberapa waktu lalu, warga Indonesia sedang dihebohkan dengan kabar telur rebus yang dipercaya dapat tangkal virus corona.

Namun ternyata kabar tersebut tidak benar. Dilansir beredar kabar hoaks mengenai, kabar viral bayi baru lahir langsung berbicara menjelaskan cara mencegah virus corona, di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. Pada Rabu (25/3/2020), kabar ini beredar melalui sosial media, di dalam kabar tersebut dikatakan sang anak berbicara tentang cara cegah virus corona dengan mengkonsumsi telur rebus sebelum pukul 00.00 WITA.

Ternyata kabar yang beredar itu tidak benar alias hoaks. Kapolsek Kabaruan AKP Ferry Padama membantah peristiwa tersebut terjadi di Desa Pantuge, Kecamatan Kabaruan Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Kapolsek Kabaruan AKP Ferry Padama mengatakan bahwa kabar tersebut hoaks, dan ia juga mengingatkan bahwa masyarakat harus berhati hati dengan kabar tersebut.

Lalu apakah benar telur rebus bermanfaat untuk mencegah virus corona? Hal ini belum bisa dinyatakan benar atau tidaknya, karena belum ada penelitian yang membahas ini. Perlu kita ketahui, telur merupakan sumber protein yang baik jika dikonsumsi bagi tubuh.

Di Indonesia, telur juga sudah menjadi makanan sehari hari. Telur dapat diolah dalam berbagai macam bentuk, namun di Indonesia telur paling sering dimasak dengan jteknik digoreng dan direbus. Dilansir , telur memiliki manfaat sebagai protein dan nutrisi yang baik dikonsumsi tubuh.

Tahukah Anda dalam satu butir telur rebus ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Telur rebus merupakan makanan yang cukup rendah kalori, karena hanya terdapat 77 kalori dan 5 gram lemak dalam satu butirnya. Telur ini juga memiliki nutrisi penting bagi tubuh yaitu Vitamin D, seng, kalsium dan semua Vitamin B.

Telur juga megandung riboflavin atau Vitamin B2 dan B12 yang sangat baik bagi tubuh. Sebenarnya bagian kuning telur lebih banyak memiliki manfaat dan gizi dibandingkan bagian putih telurnya. Dilansir , berikut ini adalah manfaat telur rebus bagi kesehatan tubuh.

1. Telur rebus dapat menaikkan Kolesterol HDL (Baik) Makan telur secara konsisten menyebabkan peningkatan kadar HDL ("baik") kolesterol, yang dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena penyakit. 2. Telur rebus mengandung Kolin yang baik untuk kerja otak.

Kolin ditemukan dalam kuning telur satu, besar, telur rebus mengandung 147 mg kolin, yang merupakan 27% dari nilai harian. 3. Telur mengandung Lutein dan Zeaxanthin Antioksidan yang baik untuk kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin adalah dua antioksidan yang bergunamemerangi radikal bebas berbahaya yang menumuk dimata, dan kemudian diinduksi oleh oksigen.

4. Telur rebus mengandung Omega 3 yang dapat turunkan trigliserida yang baik untuk sirkulasi darah. Asam lemak omega 3 diketahui mengurangi kadar trigliserida dalam darah, faktor risiko penyakit jantung, dan iniefektif untuk menurunkan trigliserida darah. 5. Telur mengandung Asam Amino Esensial yang dapat mengoptimalkan massa otot dan tulang.

Telur juga mengandung asam amino esensial denganrasio yang tepat, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan massa otot, menurunkan tekanan darah, dan mengoptimalkan kesehatan tulang. 6. Telur rebus dapat kurangi resiko stroke karena rendah lemak jahat, jadi dapat melindungi kesehatan sirkulasi darah di jantung dan otak. Banyak penelitianmenunjukkan bahwatelur dapat mengurangi resiko stroke pada tubuh, karena beberapa penelitianmenyatakan bahwa satu butir telur memiliki nutrisi baik bagi tubuh.

7. Telur rebus juga bagus untuk dikonsumsi saat diet, karena memiliki lemak yang rendah namun mengandung gizi dan nutrisi yang memadai bagi tubuh. Telur sangat mengenyangkan dan dapat mengurangi asupan kalori di kemudian hari,makan telur secara teratur dapat meningkatkan berat badan. Namun perlu diketahui telur tetap memiliki resiko, karena mengandung kolesterol, yaitu sebesar 212 mg.

Dilansir , terkadang memasak telur yang tidak matang dan kotor, juga berpotensi munculnya bakteri salmonella. Bakteri salmonella ini biasanya membuat seseorang seperti keracunan. Maka sebaiknya jika ingin mengkonsumsi telur direbus ataupun digoreng, masaklah hingga benar benar matang.

Umumnya telur rebus dimasak sekitar 7 10 menit, agar bagian putih hingga kuning telurnya matang hingga bagian terdalam. Namun untuk memasak telur yang menyehatkan, Anda lebih disarankan untuk merebusnya, karena telur rebustidak memiliki komposisi minyak atau mentega tambahan, jadi mereka lebih rendah kalori dan lebih aman daripada telur goreng.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*