Manfaat Makanan yang Kaya Vitamin D, Meningkatkan Kekebalan dan Kesehatan Tulang

Vitamin D adalah grup vitamin yang larut dalam lemak prohormon. Vitamin D juga dikenal dengan nama kalsiferol. Di dalam tubuh, vitamin ini banyak berperan dalam pembentukan struktur tulang dan gigi yang baik.

Tak hanya dari makanan, vitamin D juga dapat diperoleh dari paparan sinar matahari. Dikutip dari aladokter.com, terkena sinar matahari selama 5 15 menit selama 2 3 kali dalam seminggu sudah membuat tubuh mampu menyimpan vitamin D dalam jumlah yang tinggi. Namun tidak disarankan untuk berjemur antara pukul 10.00 pagi hingga 16.00 sore, karena diantara waktu tersebut, kulit akan lebih rentan terbakar.

Tak hanya menjaga kesehatan tulang, vitamin D juga dapat menjaga kekebalan tubuh. Vitamin D yang larut dalam lemak berperan utama dalam penyerapan kalsium ke tulang. Dikutip dari boldsky.com, kekurangan vitamin tersebut dapat mengakibatkan pelunakan tulang yang disebut osteomalacia atau kelainan tulang yang disebut rakhitis.

Tak hanya pelunakan tulang, kekurangn vitamin D dalam tubuh juga dapat menyebabkan melehanya sistem kekebalan tubuh, depresi musiman, penyakit autoimun, kanker, masalah kulit, dan demensia. Meskipun tubuh memproduksi secara otomatis vitamin D ketika terkena paparan sinar matahari, namun banyak orang yang terlalu lama bekerja di ruangan tertutup kekurangan vitamin D. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin D.

Berikut ini beberapa makanan yang kaya akan vitamin D yang dirangkum dari Boldsky.com. Ikan kaya akan asam lemak omega 3, ikan jenis mackarel, salmon, dan tuna adalah sumber vitamin D yang sangat baik. 100 gram salmon dan mackerel dapat menyediakan 91 persen dari nilai vitamin D harian yang direkomendasikan.

Jamur juga merupakan sumber vitamin D. Jamur terkena sinar matahari saat tumbuh yang meningkatkan nilai vitamin D nya, hal tersebut dikarenakan jamur berkemampuan tinggi untuk mensistesiskan vitamin D. Jamur kancing adalah jamur yang paling umum dikonsumsi yang banyak mengandung vitamin D.

Susu kemasan dan susu organik mentah diperkaya dengan vitamin D. Minum susu murni dalam jumlah sedang dan terkontrol membantu seseorang untuk sehat dan bugar. Secangkir susu sapi mentah akan memberikan 24 persen dari nilai vitamin D harian yang direkomendasikan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism melaporkan bahwa suplemen probiotik lactobacillus dapat secara signifikan meningkatkan kadar vitamin D dalam darah. Namun, yang penting untuk diingat adalah es krim dan keju yang keduanya diperoleh dari susu tidak mengandung vitamin D yang tinggi. Salah satu cara paling langsung untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan mengonsumsi minyak hati ikan kod.

Minyak hati ikan kod bermanfaat untuk kesehatan. Diekstrak dari ikan kod, minyak hati ikan kod memiliki konsentrasi vitamin yang sangat tinggi. Minyak hati ikan kod dapat dibeli dalam bentuk kapsul dan dapat dikonsumsi 1 2 kali sehari.

Sumber lain yang menakjubkan dari vitamin D adalah telur. Kuning telur adalah pilihan yang sangat populer untuk mendapatkan dosis VItamin D. Meski begitu, kita harus ingat untuk memakan seluruh telur, baik bagian putih dan kuning telur.

Segelas jus jeruk akan memberimu banyak vitamin D dan kalsium. Makan jeruk setiap hari untuk sarapan akan membantu mengurangi risiko kekurangan vitamin D. Oatmeal adalah sumber yang bagus untuk berbagai citamin dan mineral lainnya.

Satu setengah cangkir oatmeal dapat memberimu hingga 39 persen vitamin D. Tinggi asam lemak omega 3 dan vitamin D di udang bagus untuk tulangmu. Kandungan yang ada dalam udang juga dapat mengurangi peradangan dan menurunkan kolesterol.

Ons udang menyediakan 2 UI vitamin D dan juga merupakan sumber vitamin B12 dan vitamin E. Mengonsumsi yoghurt dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Secangkir yogurt dapat membantumu memenuhi 20 persen dari nilai vitamin D yang direkomendasikan setiap hari.

Yoghurt juga merupakan salah satu makanan terbaik yang membantumu tetap awet mudan dan sehat. Produk kedelai juga merupakan sumber vitamin D yang tinggi, seperti susu kedelai, dan potongan kedelai. Jika kamu sangat kekurangan vitamin D, maka mengganti produk susu dengan produk kedelai merupakan ide yang baik.

Susu hanya memberimu kalsium, sementara kedelai dapat memberi kedua nutri yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang yang baik.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*