Meditasi hingga Kurangi Konsumsi Kafein Penyebab Mata Kedutan & Cara Perawatannya

Kedutan pada kelopak mata atau dalam istilah medis disebut myokymia adalah kondisi dimana otot otot pada mata mengalami kejang secara berulang kali. Dilkutip dari allaboutvision.com , mata kedutan adalah hal yang umum terjadi dan biasanya tidak berbahaya. Mata kedutan sebagian besar terlihat halus dan tidak mudah dilihat oleh orang lain, tetapi ada pula kedutan yang cukup kuat hingga membuat kelopak mata menutup sepenuhnya.

Mata kedutan kebanyakan hanya berlangsung beberapa menit, tetapi terkadang juga ada yang bertahan selama berhari hari atau lebih lama. Apabila mata kedutan tak kunjung hilang, artinya kondisi neurologis yang serius sedang mempengaruhi kelopak mata. Kondisi yang jarang terjadi ini sebaiknya segera diperiksakan ke dokter mata.

Dikutip dari , penyebab mata kedutan sebagi berikut: Stres Iritasi mata

Ketegangan kelopak mata/ mata kering Kelelahan Kurang tidur

Efek samping obat Masalah gizi Konsumsi alkohol, kafein atau merokok.

Sementara itu, cara menghentikan mata kedutan di antaranya: Untuk mengatasi mata kedutan yang disebabkan karena stres, yoga, meditasi dan latihan pernapasan perlu dilakukan. Selainitu, menghabiskan waktu bersama teman atau hewan peliharaan, dan memperbanyak waktu istirahat adalah cara untuk mengurangi stres.

Kurang tidur merupakan satu dari penyebab mata kedutan, oleh karena itu jadwal tidur yang konsisten perlu diatur kembali. Mata yang terus memandangi komputer dan smartphone dapat menyebabkan mata cepat lelah dan kedutan. Coba ikuti aturan 20 20 20 saat menggunakan perangkat digital.

Setelah 20 menit melihat layar, alihkan mata untuk fokus melihat objek yang jauh setidaknya sejauh 20 kaki selama 20 detik. Cara ini efektif mengurangi kelelahan pada mata yang bisa memicu mata kedutan. Selain itu, menggunakan kacamata komputer juga dapat meredakan kelelahan pada mata.

Terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein dapat memicu mata berkedut. Selain itu, konsumsi alkohol juga dapat menyebabkan mata kedutan. Cobalah mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

Mata kering umumnya terjadi pada orang yang berusia 50 tahun, orang yang sering menggunakan komputer, dan orang yang sedang mengonsumsi obat tertentu. Teteskan obat tetes mata untuk membantu mengembalikan kelembapan pada mata. Menurut penelitian, kekurangan unsur gizi tertentu seperti megnesium dapat memicu mata kedutan.

Coba makan makanan yang mampu mengembalikan nutrisi untuk mata di antaranya, wortel, tomat, alpukat, biji bunga matahari, ikan salmon, dan telur. Sesorang yang sedang alergi bisa mengalami mata gatal, bengkak, dan berair. Menggosok mata karena alergi dapat menyebabkan mata kedutan.

Solusinya, coba teteskan obat mata atau lebih baik konsultasikan ke dokter mata. Botox merupakan langkah yang perlu diambil ketika mata kedutan tak kunjung hilang meskipun telah menerapkan solusi di atas. Suntikan botox dapat menghentikan kontraksi otot tak sadar di kelopak mata yang menjadi penyebab mata kedutan.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*