Melawan Diabetes hingga Menurunkan Berat Badan 8 Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan Tubuh

Air kelapa merupakan cairan dari buah kelapa yang mudah ditemukan di daerah daerah beriklim tropis. Air kelapa mengandung gizi yang baik untuk kesehatan tubuh, di antaranya kalori, karbonhidrat, protein, vitamin, dan mineral. Kandungan gizi pada air kelapa ternyata dapat melawan penyakit diabetes hingga mencegah batu ginjal.

Saat buah kelapa akan matang, sebagian cairan didalamnya akan menjadi daging putih yang disebut daging kelapa, dan sebagian lagi tetap berbentuk cairan yang disebut air kelapa. Air kelapa muda mengandung 94 persen air dan 6 persen lemak. Rata rata kelapa hujau menyediakan setengah hingga satu gelas air kelapa.

Air kelapa sebanyak 240 ml mengandung 46 kalori, 9 gram karbonhidrat, 3 gram serat, 2 gram protein. Selain itu, air kelapa juga mengandung vitamin C, magnesium, mangan, kalium, sodium, dan kalsium. Kandungan zat yang terkandung dalam air kelapa muda tersebut sangat dibutuhkan tubuh.

Air kelapa mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu mengatasi efek dari keracunan makanan. Jajan sembarangan atau lupa mencuci tangan terkadang mengakibatkan penyakit diare.

Saat terserang diare, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Meminum air kelapa dapat mengembalikan cairan tubuh dengan cepat. Berdasarkan penelitian, air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga dapat melawan penyakit diabetes.

Air kelapa mengandung magnesium yangdapat meningkatkan kontrol gula darah pada tubuh. Mengonsumsi air kelapa sangat disarankan kepada penderita diabetes. Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lainnya bergabung membentuk kristal dalam urin.

Tubuh yang kekurangan cairan juga berisiko menyebabkan timbulnya batu ginjal. Air putih biasa memang dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Namun, air kelapa yang mempunyai kandungan mineral dapat memenuhi kebutuhan cairan lebih baik dari air putih.

Meminum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut penelitian, air kelapa sangat efektif mengurangi kolesterol dalam tubuh. Kandungan magnesium dalam air kelapa berguna untuk mengontrol tekanan darah.

Selain itu, 600 mg potasium dalam 240 ml air kelapa berfungsi menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan kadar sodium di dalam tubuh. Air kelapa menjadi minuman yang sempurna untuk memulihkan dehidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang saat berolahraga atau bekerja. Elektrolit adalah mineral berperan penting dalam tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat.

Meminum air kelapa sebanding dengan meminum minuman berenergi. Dikutipdari lifehack.org , kandungan lemak pada air kelapa sangat rendah, sehingga aman dikonsumsi saat sedang diet. Kandungan kalori yang rendah juga tidak membahayakan kesehatan lambung.

Selain itu, kandungan bio aktif enzim di dalamnya membantu metabolisme tubuh dan menghancurkan lemak. Mengonsumsi air kelapa juga dapat menekan nafsu makan karena perut akan terasa kenyang.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*