Mengetahui Tanda-tanda Stroke Agar Segera Dilarikan menuju Rumah Sakit

Penyakit stroke yang terjadi karena adanya gangguan aliran darah ke otak menyerang secara tiba tiba dan bisamengakibatkankelumpuhan apabila tidak cepat ditangani. Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) dr. Mursyid Bustami bahkan menyebutkan tidak ada penanganan awal yang bisa dilakukan sendiri jika timbul serangan stroke. Perlu bantuan dokter, para ahli dan alat alat khusus untuk menangani stroke yang mungkin terjadi karena ada penyumbatan atau pendarahan.

“Enggak bisa ditangani sendiri, kalau jantung ada AED (alat stimulasi jantung) kalau stroke tidak ada,” ungkap dr. Mursyid saat ditemui di RSPON, Jakarta Timur, Jumat (25/10/2019). Untuk mengenali tanda tanda stroke Dr. Mursyid memperkenalkannya dengan istilah FAST. Adapun kepanjangan dari FAST, Face atau wajah, apabila wajah terlihat miring atau saat tersenyum lebar hanya sedikit bagian gigi yang terlihat itu pertanda stroke.

Kemudian A adalah Arms atau lengan, tanda stroke pada lengan tangan akan sulit diangkat atau mati rasa. Bisa juga hanya satu tangan yang bisa terangkat, sedangkan satu tangannya langsung jatuh saat diangkat. Sementara S adalah speech atau kemampuan berbicara yang tanda buruknya ketika berbicara akan cadel bahkan tidak bisa berbicara. Terakhir adalah T atau waktu karena seseorang yang terserang stroke sangat dipengaruhi oleh waktu.

Waktu yang tepat membawa seseorang ke rumah sakit setelah melihat adanya tanda tanda stroke adalah empat jam dari serangan. Setelah melewati masa emas tersebut butuh penanganan yang lebih ekstra. “Pokoknya ingat FAST tadi, ada tanda stroke harus pergi ke rumah sakit enggak ada cara lain. Gak ada pakai tusuk tusuk kuping, macam macam gak ada, harus ke rumah sakit,” pungkas dr. Mursyid.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*