Momota Resmi Mengundurkan Diri di Indonesia Masters 2020 Peluang Jojo & Ginting Juara di Kandang

Pebulutangkis tunggal putra asal Jepang, Kento Momota secara mengejutkan mengundurkan diri dari turnamen Indonesia Masters 2020, Kamis (9/1/2020). Kento Momota memutuskan tidak akan berpartisipasi dalam ajang Indonesia Masters 2020 lantaran masalah cedera. Mundurnya Kento Momota tersebut membuat dirinya akan dikenakan penalti dengan denda US $ 5.000 (RM20.500).

Kepastian mundurnya Momota dari Indonesia Masters 2020 tersebut dikabarkan oleh media . "Saya telah mengundurkan diri dari acara minggu depan karena saya tidak dalam kondisi terbaik saya," ujar Kento Momota. "Sangat sibuk bagi saya pada bulan Desember karena saya juga harus mengambil bagian dalam kejuaraan seluruh Jepang setelah Final Tur Dunia," tambahnya.

Momota pun tidak mau mengambil resiko, jika ia memaksakan untuk tampil di Indonesia Masters 2020. Apalagi jarak waktu menuju Olimpiade Jepang juga semakin dekat. "Saya khawatir jika saya terus bermain turnamen back to back minggu ini akan berdampak pada tubuh saya, saya tidak ingin mengambil risiko cedera," sambung pebulutangkis ranking satu dunia di tunggal putra tersebut.

Sang juara dunia tersebut akan tampil maksimal di ajang Malaysia Masters 2020 yang sedang berlangsung pada minggu ini. "Saya terus bermain di Malaysia karena saya merasa masih bisa bermain, saya juga perlu masuk ke masa kompetitif di awal musim," ungkap Momota. "Kala tidak, saya tidak akan memiliki turnamen lagi sisa bulan Januari ini. Saya akan mencoba memberikan yang terbaik minggu ini," pungkas Momota.

Absennya Momota di ajang Indonesia Masters 2020 membuat peluang dua tunggal putra andalan Indonesia menjadi yang terbaik. Kedua pebulutangkis tunggal putra yang dimaksud antara lain Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Seperti yang telah diketahui, Momota selalu menjadi sandungan bagi pebulutangkis tunggal putra dalam meraih gelar juara.

Salah satu bukti dominasi Momota dengan merebut 11 gelar bergengsi sepanjang tahun 2019. Alhasil absennya Momota menjadi peluang bagi para pebulutangkis tunggal putra dunia termasuk Jojo dan Ginting untuk menjadi juara. Apalagi keduanya akan tampil di depan publiknya sendiri di Istora Senayan, seharusnya para pebulutangkis Merah Putih mempunayi semangat berlebih untuk meraih prestasi terbaik di Indonesia Masters.

Indonesia Masters 2019 pada tahun lalu berhasil dijuarai oleh Anders Antonsen yang mampu mengalahkan Kento Momota di partai final. Dalam ajang Indonesia Masters tahun lalu juga, Jonatan Christie harus terhenti langkahnya di fase semifinal. Pria yang akrab disapa Jojo tersebut harus menyerah dari tunggal putra asal Denmark, Anders Antonsen.

Sedangkan, nasib tidak lebih baik harus dialami oleh Anthony Sinisuka Ginting yang terhenti di babak perempat final. Ginting harus takluk dari Kento Momota dengan skor 9 21 dan 10 21 di babak perempat final ajang Malaysia Masters 2019. Absennya Momota menjadi kesempatan emas bagi Jonatan Christie dan Anthony Ginting untuk meraih prestasi tertinggi di ajang Masters 2020 yang akan dihelat pekan depan.

Turnamen Indonesia Masters sendiri akan menjadi ajang kedua yang akan dihelat pada bulan Januari 2020. Ajang berlevel Super 500 ini akan digelar di Istora Senayan, Jakarta pada 14 19 Januari 2020. Turnamen tersebut diyakini juga tidak akan kalah dengan turnamen lainnya yang memiliki nilai presitius yang lebih tinggi.

Apalagi Indonesia Master 2020 menjadi turnamen kedua di awal tahun dan salah satu turnamen untuk mengumpulkan poin menuju Olympic 2020. Ajang ini pun menawarkan total hadiah sebesar 400 ribu Dolar Amerika Serikat atau setara Rp5,6 miliar. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, yaitu 350 ribu Dolar Amerika Serikat.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*