Mulai Minggu 1 Desember Pukul 09.00 WIB Jadwal Pertandingan Tim Bulutangkis di SEA Games 2019

Berikut jadwal resmi pertandingan wakil Indonesia di cabang olahraga bulutangkis di ajang pesta olahraga SEA Games 2019 yang berlangsung di Manila, Filipina. Pesta olahraga terbesar se Asia Tenggara akan segera digelar bulan depan. Ajang olahraga dua tahunan ini melibatkan 11 negara Asia Tenggara.

Perhelatan yang dilaksanakan di Muntinlupa Sport Complex, Filipina ini dimulai pada tanggal 1 9 Desember 2019 mendatang. Hingga tahun ini, SEA Games sudah digelar 30 kali sejak tahun 1959 dan mempertandingkan 22 cabang olahraga. Salah satu cabang olahraga dalam SEA Games adalah bulutangkis.

Dalam bulutangkis peserta akan memperebutkan tujuh medali emas yakni dua nomor beregu putra dan putri serta lima medali di nomor individu dalam setiap sektor. Dikutip dari laman resmi Federasi Bulutangkis Asia, www.badmintonasia.org ,laga tim beregu akan digelar mulai tanggal 1 4 Desember 2019. Sementara, nomor individu dijadwalkan pada tanggal 5 9 Desember 2019.

Pada SEA Games 2017, bulutangkis menyumbangkan dua medali emas dan empat medali perunggu untuk Indonesia. Medali emas diraih nomor beregu putra dan Jonatan Christie, sedangkan medali perunggu dari Ihsan Maulana Mustofa, Gregoria Mariska Tunjung dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Indonesia gagal menjadi juara umum karena berada di posisi kedua urutan peraih medali cabang bulutangkis di SEA Games 2017, dibawah Thailand yang memborong empat medali emas.

Hasil ini meleset dari target awal yang ditetapkan, yaitu tiga medali emas. Emas: Indonesia, Perak: Malaysia,

Perunggu: Thailand dan Singapura Emas: Thailand, Perak: Malaysia,

Perunggu: Indonesia dan Singapura Emas: Jonatan Christie (1/Indonesia) Perak: Khosit Phetpradab (2/Thailand)

Perunggu: Ihsan Maulana Mustofa (3/Indonesia), Nguyen Tien Minh (Vietnam) Emas: Goh Jin Wei (Malaysia) Perak: Soniia Cheah (4/Malaysia)

Perunggu: Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia), Pornpawee Chochuwong (3/Thailand) Emas: Dechapol Puavaranukroh/Kittinupong Kedren (4/Thailand) Perak: Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (3/Malaysia)

Perunggu: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (2/Indonesia), Bodin Issara/Nipitphon Phuangphuapet (1/Thailand) Emas: Jongkolphan Kittiharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand) Perak: Sapsiree Taerattanachai/Puttita Supajirakul (1/Thailand)

Perunggu: Vivian Hoo/Woon Khe Wei (2/Malaysia), Thi Phuong Hong Dinh/Thi Hoai Do (Vietnam) Emas: Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (1/Thailand) Perak: Goh Soon Huat/Shevon Jamie Lai (2/Malaysia)

Perunggu: Bodin Issara/Savitree Amitrapai (Thailand), Chan Peng Soon/Cheah Yee See (Malaysia) 1. Thailand: 4 emas, 2 perak, 4 perunggu 2. Indonesia: 2 emas, 4 perunggu

3. Malaysia: 1 emas, 5 perak, 2 perunggu 4. Vietnam: 2 perunggu 5. Singapura: 2 perunggu

Tahun ini Indonesia membawa delapan nama atlet unggulan 10 besar dunia. Yakni Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Praveen Jordan, dan Melati Daeva Oktavianti. Sempat tak terpilih, kehadiran Anthony Ginting ini pun menjadi angin segar lantaran target tinggi yang diharapkan PBSI kemungkinan besar akan tercapai.

Namun, keputusan ini pun bisa saja menjadi bumerang lantaran Jonatan Christie dan Anthony Ginting adalah wakil tunggal putra di ajang akbar BWF World Tour Finals 2019. Pasalnya, kedua turnamen ini hanya berselang dua hari saja. Beruntungnya, kedua nama ini hanya akan bermain di tim beregu putra dan tidak terjun ke ajang individu.

Anthony Sinisuka Ginting dipilih untuk menggantikan Daniel Marthin yang sempat menggantikan nama Leo Rolly Carnando. Dengan peforma yang apik tahun ini, peluang skuat bulutangkis Indonesia untuk melebihi target bisa saja tercapai. Pemain junior seperti Shesar Hiren Rhustavito, Firman Abdul Kholik, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto pun menyabet gelar juara di turnamen Super 100 yang diikuti sepanjang 2019.

Apalagi Indonesia menjadi negara yang kuat dalam urusan bulutangkis se Asia Tenggara. Baru kemudian disusul oleh Thailand dan Malaysia. Tunggal Putra: Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Shesar Hiren Rhustavito, Firman Abdul Kholik

Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani, Ruselli Hartawan Ganda Putra: Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira, Ade Yusuf Ganda Putri: Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto, Ni Ketut Mahadewi

Ganda Campuran: Praveen Jordan, Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy, Pitha Haningtyas Mentari Indonesia vs Bye Thailand vs Kamboja

Myanmar vs Singapura Filipina vs Malaysia Thailand vs Bye

Malaysia vs Kamboja Filipina vs Singapura Indonesia vs Vietnam

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*