Pangeran Kelantan Teungku Fakhry Sempat ‘Diusir’ dari Kerajaannya Masih Ingat Mantan Suami Manohara

Kasus KDRT yang menimpa Manohara Odelia Pinot pada 2008 silam sempat sangat menghebohkan. Pasalnya, Manohara yang saat itu masih sangat belia mengaku mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari suaminya yang merupakan Pangeran Kelantan Malaysia, Tengku Muhammad Fakhry. 11 tahun berlalu ternyata mantan suami Manohara, Tengku Muhammad Fakhry sempat 'diusir' dari Kerajaan Kelantan di mana dirinya bertahta.

Kakak Tengku Fakhry, Tengku Muhammad Faris Petra yang tak lain adalah penerus tahta Kerajaan Kelantan membuatnya 'diusir' dari kerajaan. Perselisihan itu lalu coba ditangani oleh Mahkamah Tinggi Kuala Lumpur. Hakim akan memberikan keputusan setelah mendengar dan mempelajari kuasa prerogatif pemerintah.

Hakim yang kala itu bertugas meminta Tengku Muhammad Fakhry, yang diwakili pengacaranya, K. Shanmuga, untuk menjelaskan persoalan yang terjadi sebelum mengambil keputusan. Namun siapa yang menyangka, sang kakak tak mau berbaik hati pada sang adik. Kakak kandung Fakhry itu membatalkan pelantikan Fakhry sebagai anggota majelis Kerajaan Negeri Kelantan pada 16 September 2009.

Beberapa media Malaysia sempat mengabarkan bahwa Tengku Fakhry sempat mengajukan permohonan pada Mahkamah Tinggi agar membatalkan keputusan kakaknya itu. Keputusan ini menjadi penanda 'diusir'nya Tengku Fakhry dari KerajaanKelantan. Menurut aturan lembagaanKelantan, majelis bertanggungjawab untuk menentukan bakal pengganti Sultan dan memastikan tak ada kekosongan pemerintahan lebih dari setahun.

Konflik yang terjadi ini pun kembali membuka kembali skandalKDRTyang melibatkanManoharadan Tengku Fakhry. Terhitung 8 tahun berlalu sejak kasusKDRTyang menimpa sang istri,Manoharajustru menghilang dari sorotan media. KiniManoharalebih banyak mengikuti kegiatan sosial.

KasusKDRTManohararamai dibicarakan tak hanya di Indonesia tapi juga di negara tetanggaMalaysia. Hal ini lantaran kasus tersebut melibatkan Tengku Muhammad Fakhry, yang merupakan pangeran asalKelantan. Pernikahan pasangan beda negara itu ramai diperbincangkan setelah muncul pemberitaan bahwa Manohara mendapat kekerasan dari suaminya.

Dilansir dari NOVA pada 26 Agustus 2008 silam Manohara mengaku sempat tak bisa berkomunikasi dengan ibu dan keluarganya di Indonesia. Guna membela sang anak, Ibunda Manohara, Daisy Fajarina menyewa dua pengacara sekaligus, Afrian Bondjol ”Boy” dari OC Kaligis & Associates, dan pengacara keluarga, Yuri Darmas. Dari pemberitaan yang beredar Manohara dikabarkan mengalami luka sayatan, sundutan rokok hingga suntikan hormon yang membuat berat badan tubuhnya naik drastis.

Manohara Odelia Pinotdikenal masyarakatIndonesia setelah konflik yang terjadi dengan suaminya,Tengku Muhammad Fakhry, putera ke 3PengeranKelantan,Malaysia. Pada 26 Agustus 2008 silam,Manohara Odelia Pinotmenikah denganTengku Muhammad FakhrydiMalaysia, dan mendapat gelar Cik Puan Temenggong dan menjadi anggota darikeluargakerajaanKelantan. Dua bulan setelah menikah, ia memutuskan kembali ke Jakarta, dan tidak mau kembali ke Malaysia lantaran pernikahannya tak berjalan dengan baik.

Santer dikabarkan Manohara mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dari suaminya. Tak hanya itu, Manohara dan ibundanya, Daisy Fajarina, dilarang saling bertemu bahkan berkomunikasi setelah menikah. Daisy Fajarina juga mengalami pencekalan ketika akan mengunjungi putrinya di Malaysia.

Ia pun lantas meminta bantuan Pemerintah Indonesia dan Komnas HAM untuk mengatasi masalah tersebut. Kasus ini semakin mendapatkan perhatian, setelah Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak mengelak pertanyaan wartawan mengenai tuduhan penculikan Manohara oleh seorang pangeran Malaysia, saat ia bertemu Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta pada 23 April 2009. Pemerintah Indonesia melalui pejabat Kedutaan Indonesia di Kuala Lumpur selanjutnya meminta penjelasan dari Pemerintah Malaysia mengenai dugaan pencekalan tersebut.

Pada Minggu 31 Mei 2009, Manohara tiba kembali di Indonesia bersama dengan sang ibu, setelah berhasil lolos dari penjagaan pengawal Kesultanan Kelantan saat bersama keluarga Kerajaan Kelantan menjenguk Sultan Kelantan yang tengah berobat di Singapura. Dengan bantuan aparat Singapura dan staf diplomatik Kedutaan Besar Amerika Serikat, Manohara berhasil bertemu dengan ibunya yang saat itu juga sedang berada di Singapura. Setelah berhasil kembali ke Indonesia, Manohara mengatakan bahwa segala tuduhan penculikan serta penganiayaan yang dilayangkan ibunya kepada suaminya adalah fakta.

Ia pun menyatakan tidak bersedia kembali ke Kelantan dan menyatakan niatnya untuk bercerai dari Tengku Fakhry. Dalam langkah hukum, Manohara didampingi oleh pengacara OC Kaligis dan Ratna Sarumpaet. Setelah drama yang panjang, perjuangan Manohara untuk lepas dari sang putra Kerajaan Kelantan akhirnya berhasil.

Mantan kekasih Ardi Bakrie itu lantas tinggal dan menetap di Indonesia, serta kembali aktif di karier modelingnya. Manohara pun pernah mencoba peruntungan di dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai caleg Partai Nasdem. Pada Pemilihan Legislatif 2019 lalu, ia berjuang dari daerah pemilihan 1 Jawa Timur yang meliputi Surabaya dan Sidoarjo.

Namun, dari kabar yang beredar Manohara tidak lolos dalam Pemilu tahun ini. Usai gagal mencalonkan diri sebagai wakil rakyat, wanita kelahiran 1996 itu kini menyibukkan dirinya dengan menjadi tim evakuasi hewan hewan langka Dilansir dari beberapa unggahan akun Instagram @manodelia, Manohara terlihat mengevakuasi buaya, ular, beberapa jenis burung langka, dan lumba lumba.

Salah satu foto memperlihatkan kala wanita cantik itu tampak duduk di atas buaya untuk menahan hewan tersebut. Manohara juga tampak tak ragu mengobati ular yang terluka. Pada sebuah video, wanita blasteran Indonesia Amerika Seikat itu juga ikut dalam aksi melepaskan seekor ikan lumba lumba kembali ke lautan lepas.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*