Panglima TNI Berangkatkan 44 Satgas Garuda Bantu Kebakaran Hutan di Australia

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi inspektur upacara pelepasan keberangkatan delegasi Indonesia Satuan Tugas (Satgas) Garuda RI untuk menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Australia. Upacara tersebut dilakukan di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta pada Sabtu (1/2/2020) menggunakan pesawat C 130 Hercules TNI AU dari Skadud 32 Lanud Abdurahman Saleh. "Atas keputusan pemerintah TNI diperintahkan untuk mengirimkan pasukan guna membantu penanganan karhutla," kata Hadi saat memberikan sambutan di upacara pelepasan Satgas Garuda.

"Saudara saudara, para prajurit yang ada di hadapan saya, adalah duta duta bangsa dan duta kemanusiaan yang ditugaskan untuk membantu Australia sebagai negara sahabat Indonesia. Tugas ini adalah tugas yang mulia dan penuh dengan nilai nilai kemanusiaan," tegas Panglima TNI. Sebanyak 44 anggota Satgas Garuda terdiri dari 41 personel TNI, 1 orang Kementerian Luar Negeri dan 2 orang Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diberangkatkan menggunakan pesawat C 130 Hercules TNI AU untuk membuka dan membersihkan akses ke permukiman warga di distrik Eden, New South Wales, Australia. Turut hadir dalam kegiatan ini Duta Besar Australia untuk Indonesia Garry Quinlan, Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman serta segenap pejabat TNI.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*