Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh hingga Cegah Diabetes 8 Manfaat Santan buat Kesehatan Tubuh

Santan merupakan cairan berwara putih susu yang berasal dari parutan daging kelapa tua yang diperas dan disaring. Santan memiliki banyak manfaat bagi kita semua, satu di antaranya sebagai penyedap rasa untuk membuat masakan menjadi gurih. Santan mampu membantu menurunkan berat badan karena mengandung trigliserida sedang.

Trigliserida sedang bekerja untuk menurunkan berat badan dan lingkar pinggang. Sebuah penelitian European Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, pria yang kelebihan berat badan dan mengkonsumsi makanan yang mengandung trigliserida sedang akan memiliki nafsu makan yang jauh lebih rendah. Kelapa mengandung asam laurat, yang dikenal sebagai pendukung sistem kekebalan tubuh.

Asam laurat memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi, serta mampu menghambat pertumbuhan strain bakteri seperti Staphylococcus aureus, Mycobacterium tuberculosis dan Streptococcus pneumoniae. Penelitian dalam Phytotherapy Research menjelaskan bahwa air kelapa memiliki sifat antiulcerogenik. Hal tersebut membuat kelapa memiliki kemampuan untuk mengurangi tukak lambung.

Santan mampu membantu meningkatkan kesehatan jantung karena adanya asam laurat. Mengonsumsi kelapa juga dapat menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik). Adanya mineral penting dalam santan seperti kalium, natrium, kalsium, dan zat besi dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Hal tersebut bekerja dengan cara meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga pembuluh darah tetap rileks bebas penyumbatan. Asam lemak dalam santan mampu memperlambat laju gula darah dalam aliran darah. Hal ini dapat mencegah kenaikan kadar gula, sehingga mengurangi timbulnya diabetes.

Sifat anti inflamasi dalam asam laurat yang terkandung dalam santan mampu membantu menurunkan peradangan yang terkait dengan radang sendi, dan nyeri otot. Setiap orang yang mengalami gangguan pencernaan dapat beralih mengonsumsi santan. Jika sudah mengonsumsi santan maka akan lebih kecil kemungkinannya mengalami gangguan pencernaan.

Santan akan meningkatkan pertumbuhan mikrobiota usus, sehingga meningkatkan kesehatan usus. 94,57g air 31 kkal (energi)

0,21 g protein 2,08 g lemak 2,92 g karbohidrat

2,5 g gula 188 mg kalsium 0,3 mg zat besi

19 mg potasium 19 mg natrium 1,25 mcg vitamin B12

63 mcg vitamin A Mcg vitamin D Kemungkinan jika Anda alergi terhadap kelapa, konsumsi santan dapat memiliki efek samping yang merugikan.

Mengonsumsi santan secara berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hal tersebut terjadi karena santan mengandung banyak kalori dan lemak.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*