Power Steering Elektrik Bisa Jadi Rusak Kalau Mobil Terendam Banjir

Awal tahun2020diwarnai denganbanjirdi sebagian besar wilayah Jakarta dan sekitarnya akibat curah hujan tinggi. Tidak hanya terjadi di ruas jalan utama,banjirjuga menggenang pemukiman rumah warga dan merendam mobil yang terparkir. Bila mobil terendambanjir, bagaimana denganpower steeringelektrik yang sudah banyak digunakan produksi mobil di Indonesia?

"Sebenarnya tergantung dari ketinggian air yang merendam mobil dan letak motorpower steeringelektrik itu ada dimana," bukaWahidin Jaelani, Service ManagerAstrido Daihatsu Daan Mogot. Menurut Wahidin, sebagian besar posisi letak motorpower steeringelektrik berada di kolom setir (atas) seperti mobil Toyota atau Daihatsu, serta di steering rack (bawah) seperti mobil Suzuki atau Honda. Jika ketinggian air sampai merendam bagian letak motorpower steeringelektrik, risiko kerusakanpower steeringakan semakin besar.

"Memang pada dasarnya letakpower steeringsudah didesain tahan air dan terlindungi di bagian dalam mobil," ungkap Wahidin. Namun bukan berarti bisa tahan air jika terendambanjirdalam waktu lama karena tekanan air yang membuat air akan rembes ke motorpower steeringelektrik. "Mengingat air menjadi musuh perangkat elektrikal, ditambah kalau terendambanjirpasti akan ada kotorannya juga," tutup Wahidin.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*