Rektor Hermanto Soroti Perlambatan Ekonomi Global Wisuda Perbanas Institute Tahun 2020

Rektor Perbanas Institute Hermanto Siregar mengingatkan pada 2020 akan terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi global yang berpotensi menimbulkan terjadinya resesi di berbagai negara. Pernyataan itu disampaikan Hermanto dalam sambutan dan laporan akademik pada acara Wisuda Perbanas Institute tahun 2020 untuk Program Studi Magister (S 2), Sarjana (S 1), dan Diploma (D 3). Acara Wisuda Perbanas Institute dilaksanakan pada Selasa, (4/2/2020) dan berlangsung mulai pukul 08.00 s.d. 13.00 WIB, bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

"Kondisi perekonomian global yang bergerak melambat, tentunya akan menambah risiko kepada perekonomian di Indonesia," kata Hermanto. Oleh sebab itu, kata dia, diperlukan adanya berbagai usaha dari seluruh sektor untuk dapat menghadapi dan kemudian mengatasi berbagai dampak dari berkembangnya situasi tersebut. Salah satu usaha yang penting dilakukan adalah meningkatkan kompetensi dan kualitas sumber daya manusia, khususnya di bidang keuangan dan perbankan melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Pada aspek pendidikan khususnya kelembagaan, menyikapi perkembangan teknologi dan juga guna mengantisipasi adanya pergeseran kebutuhan kompetensi sumber daya manusia di era transformasi digital ini, maka Perbanas Institute telah memulai proses untuk melakukan pengajuan pembukaan program studi pada tingkat Sarjana di area data science yang akan diberi nama program studi Business Data Analytics. Program studi Business Data Analytics bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan analitik yang kuat serta dapat memanfaatkan data untuk melakukan transformasi bisnis secara digital lulusannya di Industri Keuangan dan Perbankan. "Program studi ini diharapkan memperoleh ijin operasional pada tahun ini dan melaksanakan kuliah perdananya pada bulan September (semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021)," kata dia.

Perbanas Institute telah mempersiapkan diri dengan mencanangkan Visi “Menjadi Perguruan Tinggi Terkemuka Bidang Ekonomi Keuangan & Perbankan Yang Berbasiskan Teknologi Informasi”. Visi tersebut merupakan bentuk nyata upaya berkontribusi dalam usaha peningkatan kompetesi sumber daya manusia Indonesia guna mengatasi dampak dari berbagai ketidakpastian ekonomi dan tantangan lainnya pada skala global maupun di tingkat nasional, khususnya pada dunia perbankan dan industri keuangan. Perbanas Institute mengambil peran dengan menghasilkan lulusan berkualitas, memenuhi kebutuhan industri, kreatif, berintegritas dan beretika.

Upaya ini dilaksanakan dengan melakukan revisi kurikulum di tahun 2019 pada Sekolah Pasca Sarjana dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta pada Fakultas Teknologi Informasi. Revisi tersebut dilakukan mempertimbangkan masukan masukan para pengguna lulusan Perbanas Institute, terutama industri keuangan dan perbankan. Selanjutnya, guna meningkatkan kemampuan kerja para lulusan sehingga dapat lebih mudah diterima dan beradaptasi dengan dunia kerja maka Perbanas Institute telah secara aktif turut serta dalam kegiatan Magang Bersertifikat yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Pada saat ini telah ada lebih dari 100 orang mahasiwa yang mengikuti kegiatan tersebut, di mana aktivitas magang yang dilakukan kemudian diakui melalui proses penyetaraan kredit di masing masing program studi.

Dalam wisuda kali ini, pidato wisuda atau orasi ilmiah disampaikan oleh Prof. Suahasil Nazara, S.E., M.Sc., Ph.D. selaku Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia. Dalam orasinya Prof Suahasil Nazara menyampaikan pesan untuk menanamkan nilai nilai dasar kepada para wisudawan akan pentingnya Inovasi dan Digitalisasi melalui pemanfaatan Teknologi Informasi pada sektor bisnis khususnya sektor keuangan dan perbankan. Wisuda kali ini mengangkat tema “Banking Industry Development through Innovation and Digitalization: Strategy to Cope with Global Economic Slown Down and Domestic Economic Risks".

Wisuda Perbanas Institute dihadiri oleh Pengurus Yayasan Pendidikan Perbanas, Badan Pelaksana Harian Perbanas Institute, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, Senat Akademik Perbanas Institute, Pejabat di lingkungan Perbanas Institute, dosen, para Wisudawan dan Orang tua wisudawan, serta tamu undangan lainnya dengan orator ilmiah yang disampaikan oleh Prof Suahasil Nazara, Ph.D. yang merupakan Wakil Menteri Keuangan RI. Perbanas Institute mewisuda sebanyak 1.143 lulusan yang terdiri dari: S 2 Magister Manajemen (182 lulusan), Magister Akuntansi (32 lulusan), S 1 Akuntansi (338 lulusan), S 1 Manajemen (423 lulusan), S 1 Kelas Internasional (22 lulusan), S 1 Sistem Informasi (61 lulusan), Teknik Informatika (17 lulusan), S 1 Sistem Komputer (3 lulusan), D 3 Akuntansi Perpajakan (30 lulusan), dan D 3 Keuangan dan Perbankan (35 lulusan). Dengan demikian hingga hari ini, Perbanas Institute telah menghasilkan 35.143 alumni, yang tersebar di berbagai sektor, mulai dari instansi pemerintah, perusahaan swasta hingga yang membangun usahanya sendiri. Berdasarkan hasil tracer study atau pelacakan lulusan yang dilakukan secara konsisten selama 5 tahun terakhir, ada beberapa pencapaian yang diperoleh dari lulusan Perbanas Institute. Salah satunya adalah rata rata waktu tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan pertama dalam kisaran 1 bulan setelah lulus.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*