Rela Sujud & Cuci Kaki Karyawan yang Capai Target! Viral Bos Perusahaan Beri Apresiasi Tak Terduga

Sebuah video viral menunjukkan perlakukan tidak terduga dari bos sebuah perusahaan. Bos perusahaan tersebut tidak gengsi ataupun malu untuk sujud dan mencuci kaki karyawannya. Ia rela dengan senang hati memberikan apresiasi atau reward kepada karyawan berprestasi yang mencapai target dalam perusahaan yang dimilikinya.

Seperti yang diketahui, berbagai perusahaan biasanya akan memberikan apresiasi kepada karyawannya yang berprestasi. Mereka biasanya akan memberikan bonus atau upah tambahan kepada mereka. Beragam cara dilakukan para direksi atau pimpinan perusahaan dalam mencapai target perusahaan.

Banyak perusahaan yang menerapkan sistem reward dan punishment bagi karyawannya. Reward tentunya diberikan bagi karyawan yang berprestasi dan berhasil melebihi target perusahaan, sedangkan punishment diberikan untuk karyawan yang jauh dari target. Hal itu dinilai efektif untuk meningkatkan etos kerja karyawan.

Ternyata ada cara unik sebagai bentuk reward yang diberikan bos perusahaan. Seperti video yang viral belakangan ini. Video tersebut diketahui diambil dari perusahaan di China.

Di China ada cara unik yang diterapkan perusahaan dalam meningkatkan daya kerja karyawannya. Dalam video yang viral, nampak seorang bos perusahaan kosmetik bersujud dan cuci kaki karyawan, sebagai ucapan terima kasih atas kerja keras mereka. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu, (2/11/2019) lalu di sebuah upacara penghargaan di Jinan, Provinsi Shandong diChinatimur.

Aksi ini terekam dalam sebuah video yang menjadi viral di media sosial. Perusahaan itu, yang tidak disebutkan namanya itu menjual produk kosmetik. Dalam video terlihat seorang pimpinan dan eksekutif senior<span ></span>perusahaan<span ></span>kosmetik berjongkok membelakangi penonton, sementara para staf duduk di bangku di atas panggung.

Pimpinan lalu membuka kaus kaki bawahan dan membasuh kaki<span ></span>karyawan<span ></span>dengan air dalam baskom. Karyawan yang ada di panggung, dikatakan telah mencapai angka penjualan terbaik. Aksi ini dilakukan untuk semakin meningkatkan etos kerja<span ></span>karyawan.

Sejak beredar di media sosial, video ini kemudian menjadi viral. Beberapa warganet mempertanyakan efektivitas praktik ini. Sementara yang lain menyebut bahwa memberi hadiah adalah pilihan yang lebih baik. “Ini adalah cara untuk mengucapkan terima kasih. Saya sangat mendukungnya,” tulis seorang warganet.

Beberapa orang mengatakan bahwa ini adalah cara cerdas dari<span ></span>bos<span ></span>untuk menghindari pemberian bonus pada stafnya. “Bos sangat licik. Mencuci kaki untuk<span ></span>karyawan<span ></span>berarti mereka tidak dapat meminta imbalan bonus untuk pencapaian target,” ucap warganet lain. Kisah mengharukan seorang<span ></span>karyawan<span ></span>kepergok<span ></span>bos<span ></span>tengah masak nasi di kantor.

Tindakan<span ></span>karyawan<span ></span>bernama Habil yang menumpang masak nasi di kantor tersebut dilakukannya, karena Ia tak mampu beli makan, padahal habis menerima gaji. Ternyata ada cerita haru dibalik kisah tersebut. Kisah Habil, seorang karyawan di Malaysia ini menjadi viral dan menyentuh hati banyak orang.

Bagaimana tidak, Habil terciduk<span ></span>bosnya memasak nasi di kantor karena tak memiliki uang untuk makan padahal baru saja menerima gaji. Bahkan, pria yang diketahui berasal dari Malaysia itu sampai membawa serta rice cooker miliknya. Dilansir dari Asia One, foto tersebut diunggah oleh akun Azri Walter pada Senin (21/10/2019).

Dalam unggahannya itu, Azri menceritakan bahwa ia menemukan<span ></span>karyawannya di sudut kantornya. Pria 39 tahun itu melihat pemandangan tak biasa tersebut saat kembali ke kantornya. Walaupun lampu telah dinyalakan, namun ia tak menemukan apa pun di sekitarnya.

Tetapi, ada suara gemeresik terdengar lamat lamat di bawah meja. Saat itulah, ia menemukan karyawannya yang bernama Habil. Melihat kehadirannya, Habil langsung berdiri dan nampak sedikit ketakutan.

Kemudian diketahui bahwa Habil tengah memasak nasi karena ia belum makan. Tetapi hal itu cukup membuat Azri bingung. Sebab, ia baru saja memberikan gaji sebesar 1.00 RM atau sekitar Rp 3,3 juta.

Gaji yang diberikan pada Habil itu seharusnya masih bisa digunakan untuk sekadar membeli makan di kantin kantor. Sambil menggaruk kepalanya, Habil kemudian menjelaskan bahwa semua uangnya itu telah diberikan pada ibunya. Walaupun ibunya sama sekali tidak pernah meminta Habil untuk memberikan uang hasil kerja kerasnya.

Namun, Habil telah yakin untuk memberikan gajinya agar ibunya dapat membelikan pakaian, makanan, dan kebutuhan lain untuk adik adiknya. Rupanya, ayah Habil telah meninggal dunia sejak Habil beberapa tahun yang lalu. Sejak saat itu pula Habil meninggalkan rumahnya yang terletak di Pahang di usianya yang masih 19 tahun untuk mencari nafkah bagi keluarganya.

"Bagi saya ini bukan apa apa. Saya tidak tahu sampai kapan ibu saya hidup. Sementara dia masih ada, saya ingin membahagiakannya. Lagi pula saya tidak memiliki tanggungan lain dan saya pandai menghasilkan uang," ujar Habil, seperti dikutip dari Facebook. Setelah mendengar cerita Habil, Azri lalu memeluk<span ></span>karyawannya itu dan mengajaknya makan. Dalam sebuah wawancara dengan Harian Metro, Azri menjelaskan bahwa ia membagikan kisah Habil untuk mengingatkan orang orang agar senantiasa berbakti.

Hingga artikel ini dibuat, unggahan tersebut telah dibagikan lebih dari 12 ribu pengguna, disukai lebih dari 12 ribu pengguna, dan mendapat 1,2 ribu komentar. Habil mengatakan bahwa ia sangat menghargai tanggapan yang diberikan oleh warganet dan juga ia berterima kasih atas dukungan yang diberikan padanya.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*