‘Si Kepala Kuning’ Mitsubishi Colt Diesel Rajai Penjualan Truk Ringan Sepanjang 2019

Si Kepala Kuning, Mitsubishi Colt Diesel masih merajai penjualan truk di segmen light duty truck (LDT) di Indonesia selama tahun 2019. Data resmi yang dipublikasikan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Kamis (23/1/2020) menyebutkan, sepanjang Januari sampai Desember 2019, KTB menjual riteltruk Colt Diesel sebanyak 36.575 unit. "Pencapaian penjualan ini menempatkan Colt Diesel sebagai pemegang pangsa pasar absolut segmen truk MDT sebesar 55,4 persen," ungkapDony Hermawan, Head of PR & CSR KTB.

Posisi Colt Diesel ini disusul oleh 'Si Kepala Hijau' Hino Dutro yang seperti data hasil publikasi PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Kamis kemarin, disebutkan telah terjual sebanyak sebanyak 14.299 unit. "Market share Hino Dutro tumbuh dari 20 persen menjadi 22 persen," kata Santiko Wardoyo, Direktur Sales and Marketing PT HMSI di acara media gathering Hino di Jakarta, Kamis kemarin. Pemain lainnya di segmen LDT di Indonesia adalah Isuzu dengan truk NMR 71 dan brand India, Tata Motors. Namun sampai saat ini, Isuzu dan Tata Motors belum mempublikasikan data penjualannya.

Di segmen medium duty truck (MDT), Mitsubishi Fuso melalui truk Fighter dan Fuso Ganjoo,dan di segmen heavy duty truck (HDT) membukukan penjualan sebanyak 5,161 unit dengan pangsa pasar 23,4 persen. Menurut Donny, pangsa pasar Fuso di MDT meningkat jika dibandingkan dengan pangsa pasar tahun sebelumnya sebesar 19,2 persen. Peningkatan pangsa pasar di segmen MDT tak lepas dari kehadiran Fighter yang mulai diluncurkan di tahun 2019 lalu.

Mitsubishi Fuso Fighter dipasarkan dalam 15 varian untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis konsumen di bidang logistik, perkebunan, pertambangan, hingga infrastruktur. Donny menyatakan, tahun 2019 merupakan tahun penuh tantangan. Secara keseluruhan pihaknya berhasil mempertahankan dominasi kami dengan pencapaian pangsa pasar secara total di kendaraan niaga jenis truk sebesar 44,2 persen di tengah kondisi permintaan pasar yang melemah. Total truk Mitsubishi Fuso yang terjual retail selama tahun 2019 mencapai sebanyak 41,736 unit, turun 18,4 persen jika dibandingkan performa tahun sebelumnya 51,132 unit.

"Kami memahami bahwa 2019 merupakan tahun dengan agenda penting Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden sehingga membutuhkan penyesuaian kabinet baru, regulasi baru di berbagai sektor," ujar Donny. Pihaknya optimis penjualan truk di 2020 akan kembali membaik.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*