Tahu Gejrot

<div id='InformasiAwal'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Tahu Gejrot adalah kudapan khas dari Cirebon, Jawa Barat. Tahu Gejrot merupakan tahu gembos yang dihidangkan bersama kuah kecap, cabe rawit, bawang merah dan gula merah.

Biasanya Tahu Gejrot dihidangkan dengan piring khas yang terbuat dari gerabah. ( ) Tahu yang dipakai untuk Tahu Gejrot biasanya jenis tahu Sumedang. Nama Tahu Gejrot berasal dari bumbu cair berupa gula kelapa encer sebagai penyedap yang dialirkan dari botol kaca yang diguncangkan dan menimbulkan bunyi jrot jrot jrot.

Karena yang diberi bumbu tersebut adalah tahu, maka disebutlah Tahu Gejrot. ( ) Walaupun Tahu Gejrot merupakan makanan khas dari Cirebon, namun makanan ini juga bisa ditemukan di banyak daerah di Indonesia. <div id='Asal Usul'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div>

Sejarah Tahu Gejrot tercipta dari dapur pabrik Tahu Gejrot yang berlokasi di Desa Jatiseeng, Kecamatan Ciledug, Cirebon sejak zaman sebelum kemerdekaan. Pabrik tersebut dimiliki oleh keturunan Tionghoa yang menetap di Indonesia dan buruhnya merupakan masyarakat asli Cirebon. Keterampilan membuat Tahu Gejrot oleh orang Cirebon membuat mereka lebih ahli dibandingkan dengan pemiliknya.

Akhirnya para buruh pabrik berhenti bekerja dan mencoba untuk membuat usaha Tahu Gejrot sendiri. Semenjak saat itu Tahu Gejrot mulai dilestarikan dan menjadi makanan khas asli Cirebon. ( ) Untuk menemukan penjual Tahu Gejrot di Cirebon sangatlah mudah, hampir di setiap pojok Cirebon pasti ada penjualnya.

Dahulu penjual Tahu Gejrot biasanya memikul dagangannya, namun saat ini penjual biasanya memakai gerobak. Karena popularitasnya, saat ini Tahu Gejrot tidak hanya dijumpai di Cirebon, namun juga di banyak daerah di Indonesia. ( ) <div id='BahanBaku'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div>

Bahan untuk kuah : <div id='CaraPembuatan'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Pertama goreng tahu sampai matang lalu tahu digunting menjadi bagian bagian kecil.

Setelah itu ulek kasar cabe rawit, bawang merah, bawang putih dan garam. Untuk membuat kuah: masukkan air, gula merah, jeruk nipis, kecap manis, air asam, direbus sampai matang hingga terlihat kuah berwarna kecokelatan. Terakhir ambil tahu lalu taruh bumbu yang diulek kasar lalu siram dengan air gula merah yang sudah berbumbu.

Tahu Gejrot siap dinikmati. ( ) <div id='KandunganGizi'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Kandungan protein dalam tahu sekitar 7,8 gram/100 gram dan kalsium 124 mg/100 gram.

Dalam 100 gram buah jeruk nipis mengandung vitamin C 27 mg, vitamin B1 0,04 mg, kalsium 40 mg, kalori 37 gr, protein 0,8 gr, zat besi 0,6 gr, hidrat arang 12,4 gr, air 86gr, lemak 0,1gr. Kandungan gizi kecap manis kedelai per 100 gram antara lain Kalori (kal) 46.00, Protein (g) 5.70, Lemak (g) 1.30, Karbohidrat (g) 9.00, Kalsium (mg) 123.00, Fosfor (mg) 96.00, 7. Zat besi (mg) 5.70 , Air (g) 63.00 dan ditambah dengan kandungan nurisi bumbu lainnya yang cukup tinggi. ( )

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*