Tak Hanya Luka dan Benjolan di Pita Suara, Ada Pembengkakan di Leher, Raffi Ahmad Sakit Apa?

Artis sekaligus istri Raffi Ahamd, Nagita Slavina memberikan kabar jika suaminya memiliki penyakit seperti yang diderita sahabat karibnya, Olga Syagputra. Alhasil, Raffi Ahmad pun disarankan oleh dokter untuk istirahat dan vakum dari dunia keartisan selama tiga sampai enam bulan. Pengakuan tersebut diungkap Raffi Ahmad mengutip dalam tayangan Selebrita Pagi Trans 7 edisi Minggu (30/6/2019).

Raffi Ahmad pun mengatakan jika di bagian pita suaranya mengalami luka dan benjolan. "Ada luka dan benjolan di pita suara karena terlalu sering digunakan," terang Raffi Ahmad. Lebih jauh Raffi Ahmad mengatakan, dirinya dianjurkan untuk segera melakukan tindakan operasi poleh dokter.

Penyebab sakitnya ini, "Suara Overused, terlalu berlebihan dipaksa, saya jadi host dari umur 19 tahun sekarang 32 tahun," jelasnya. Apalagi Raffi Ahmad bisa syuting sampai jam 3 pagi. Menurut dokter kondisinya jika tidak segera ditangani suara Raffi Ahmad terancam bisa hilang ketika sudah tua kelak.

"Dokter minta segera lakukan operasi dan beristirahat bicara selama tiga sampai enam bulan." terang Raffi Ahmad. Karena kondisinya ini Raffi Ahmad mengaku sempat stres karena kondisi kesehatannya. Hal tersebut diungkapkannya lewat vlog terbaru berjudul 'Klarifikasi Penyakit Raffi, Benjolan Membuat Stresss!'.

"Membuat aku stres, karena aku nyari uangnya dari sini, dari berbicara," kata Raffi Ahmad, Minggu (7/7/2019). "Terkait masalah kesehatan dan memang aku juga lagi agak agak drop," ujar Raffi Ahmad. Suami Nagita Slavina itu menyebut suara Raffi Ahamd kerap hilang dan tidak seperti biasa sejak beberapa waktu lalu.

"Mudah mudahan sih bukan sesuatu yang gimana," beber Raffi Ahmad. Lebih mengejutkan, tidak hanya suaranya hilang. Raffi Ahmad juga mengaku mengalami pembengkakan pada leher.

Bengkak itu menurutnya kerap muncul sore hari. Jika apa yang dikatakan Raffi Ahmad memang benar, dirinya mengalami pembengkakan di leher, melansir medlineplus.gov, menurut medis hal tersebut paling umum adalah pembesaran kelenjar getah bening. Penyebabnya bisa infeksi bakteri atau virus, kanker (keganasan), atau penyebab langka lainnya.

Kelenjar tiroid juga dapat menghasilkan pembengkakan atau satu atau lebih benjolan. Ini bisa disebabkan oleh penyakit tiroid atau kanker. Sebagian besar kanker kelenjar tiroid tumbuh sangat lambat. Mereka sering disembuhkan dengan operasi, bahkan jika mereka telah hadir selama beberapa tahun.

Seiring bertambahnya usia orang dewasa, kemungkinan benjolan menjadi kanker meningkat. Ini khususnya berlaku bagi orang yang merokok atau minum banyak alkohol. Tapi bisa juga pembengkakan di leher ini karena reaksi alergi. Bagi mereka yang mengalaminya baiknya segera ke dokter.

Jika didiagnosis menderita gondok tiroid, mungkin perlu minum obat atau menjalani operasi untuk menghilangkannya. Tapi bisa juga memerlukan tes CT scan kepala atau leher, pemindaian tiroid radioaktif, biopsi tiroid, jika dokter mencurigai nodul tiroid. Semoga pembengkakan di leher Raffi Ahmad bukan sebuah hal yang serius.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*