Waskita Klaim Tol Japek II Elevated Sesuai Standar Keselamatan Dikeluhkan Bikin Mual

Proyek Jalan Tol Jakarta – Cikampek II (Elevated) di KM 9+550 s.d. 28+450 yang dibangunPT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) telah selesai pembangunannya dan dioperasikan oleh Jasa Marga. Sebagian masyarakat yang sudah mencona melintasi ruas tol ini mengeluhkan jalan tol ini bergelombang dan bikin mual. Menanggapi hal itu,Director of Operation II PT Waskita Karya (Persero) Tbk Bambang Rianto mengatakan, Tol Japek II Elevated sudah sesuai dengan dasar klasifikasi perencanaan.

Dia menyatakan konstruksi ruas jalan tol ini sudah memenuhi standar keselamatan dan keamanan bagi para penggunanya “Di dalam melayani lalu lintas cepat antar regional atau di dalam kota kota metropolitan dengan sebagian atau tanpa pengaturan jalan masuk. Untuk tipe kelas masuk di klasifikasi kelas II dengan tipe I,” kata Bambang Rianto dalam keterangan tertulis, Senin (23/12/2019). “Standar tertinggi bagi jalan jalan dengan 4 lane atau lebih, memberikan pelayanan angkutan cepat bagi angkutan antar kota atau dalam kota dengan kontrol yang masuk kelas I dengan tipe II,” lanjut dia.

Soal batas kecepatan melintas di Tol Japek II Elevated, Bambang Rianto menuturkan maksimal 80 km/jam. Sementara itu untuk desain struktur jalan tol elevated sudah menggunakan SNI dan AASHTO. Bambang Rianto menyatakan, ketahanan konstruksi Japek II Elevated didesain bisa meredam dan mengakomodir gempa. “Seismic bearingdanseismic jointdigunakan untuk meredam gempa dan mengakomodir pergerakan struktur kurang lebih 20 cm akibat gaya gempa,” ucap Bambang Rianto.

Semua proses perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi akhir pada Proyek Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Elevated selalu diawasi dan dimonitor oleh tim Komisi Keselamatan Keamanan Jembatan, Terowongan dan Jalan (KKJTJ). “Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanan, keselamatan, kenyamanan dan kelayakan fungsi Japek II Elevated” tuturnya. Menjawab soal ruas tol yang bergelombang di beberapa titik, Bambang Rianto menegaskan Tol Japek II Elevated tetap aman dilalui.

Karena Tol Japek II Elevated punya parameter ‘alignment vertikal dan horizontal’ yang mengadopsi standar ukuran jari jari tikungan, panjang lengkung, kelandaian maksimum, untuk aspek keselamatan berkendara.

Avatar

Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Apapun yang orang lain katakan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bersenang-senang.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*